5 Cara Bersihkan Keyboard Laptop agar Kinclong dan Bebas Kuman

Jum'at, 05 Januari 2024 - 19:24 WIB
loading...
5 Cara Bersihkan Keyboard Laptop agar Kinclong dan Bebas Kuman
Laptop keyboard dan komputer yang jarang dibersihkan akan jadi sarang kuman atau bakteri. (Foto: Freepik)
A A A
JAKARTA - Keyboard laptop dan komputer sebagaimana perangkat lain juga memerlukan perawatan berkala. Menjaga kebersihan adalah salah satunya. Sebab laptop keyboard dan komputer yang tidak terawat atau jarang dibersihkan justru jadi sarang kuman atau bakteri.

Dalam riset CBT Nuggets, keyboard menduduki tempat kedua dengan jumlah bakteri sebanyak 3,5 juta. Angka ini membuat keyboard bahkan lebih kotor daripada dudukan toilet.

Fakta ini membuat rutinitas membersihkan keyboard menjadi sebuah kewajiban lantaran nyaris tiap hari banyak orang berinteraksi dengan komponen ini. Tak hanya demi menghindari penumpukan kotoran dan debu tapi juga performa laptop dan komputer.

Berikut cara tepat membersihkan keyboard laptop dan komputer dirangkum dari berbagai sumber, Jumat (5/1/2024).

1. Matikan Laptop atau Komputer


Langkah pertama, pastikan laptop atau komputer dalam keadaan mati. Hal ini dilakukan untuk menjaga keamanan serta menghindari kerusakan saat proses pembersihan. Karena mungkin saja kamu akan menekan tombol tertentu saat proses pembersihan.


2. Balik dan Tepuk Keyboard secara Perlahan


Setelah laptop sudah mati, balik keyboard dan tepuk bagian belakang laptop dengan perlahan. Cara satu ini mudah dilakukan untuk membersihkan sisa remahan yang mungkin masuk dalam celah tombol.

3. Gunakan Kuas Lembut


Untuk hasil yang lebih optimal pembersihan bisa menggunakan kuas lembut atau kuas makeup. Bersihkan sisa debu atau sisa makanan pada sela-sela keyboard dari arah dalam keluar. Kuas yang berukuran kecil lebih mudah untuk membersihkan area yang sulit dijangkau. Pastikan setiap celah keyboard sudah bersih.


4. Bersihkan dengan alcohol swab


Cara yang satu ini juga sekaligus untuk sterilisasi dari kuman yang menempel pada keyboard. Caranya cukup mudah, lap area tombol dan sisi samping keyboard dengan alcohol swab secara merata. Pastikan alcohol swab tidak terlalu basah agar tetesan air tidak masuk dan berujung merusak keyboard.

5. Lap dengan kain microfiber


Lap microfiber terbuat dari bahan serat yang halus sehingga cocok untuk membersihkan permukaan keyboard . Lap ini sangat efektif untuk mengangkat sisa debu dan kotoran. Caranya cukup basahi kain lap dengan air, pastikan tidak ada tetesan air. Lalu lap permukaan keyboard secara lembut dan merata. Setelah itu biarkan sampai kering atau bisa keringkan dengan hair dryer.
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2603 seconds (0.1#10.140)