Clicks Bikin Keyboard BlackBerry di iPhone, Nyaman Ngetik lewat Tombol Fisik

Sabtu, 06 Januari 2024 - 07:49 WIB
loading...
Clicks Bikin Keyboard BlackBerry di iPhone, Nyaman Ngetik lewat Tombol Fisik
Tampilan keyboard BlackBerry di iPhone yang memberikan pengalaman mengetik dengan tombol fisik. Foto: Clicks
A A A
JAKARTA - Perusahaan rintisan baru, Clicks , siap mendandani iPhone kesayangan Anda dengan keyboard fisik yang sangat khas dengan kepunyaan BlackBerry.

Masih ingat BlackBerry? Ponsel cerdas buatan Research in Motion itu pernah sangat digemari masyarakat karena kecanggihannya. Termasuk dengan keyboard fisik yang bikin banyak orang ketagihan.

Hanya saja seiring waktu, BlackBerry dengan keyboard fisik andalannya itu justru hilang ditelan zaman lewat hadirnya iPhone buatan Apple. Tapi, siapa sangka sebuah perusahaan rintisan baru, Clicks, justru mencoba sebuah kombinasi hybrid yang tidak disangka-sangka.

Dilaporkan The Verge, Clicks justru menyiapkan sebuah casing yang bisa dipasang di iPhone kesayangan milik konsumen. Menariknya lagi casing itu justru dilengkapi dengan sebuah keyboard fisik yang sangat khas dengan keyboard BlackBerry.

Jadi bagi Anda yang masih merasa kerepotan melakukan pengetikan di layar iPhone bisa mengatasinya dengan keyboard fisik ala BlackBerry dari Clicks. Saat ini Clicks sudah menyediakan casing sekaligus keyboard tersebut unutk iPhone 14 Pro. Casing yang harganya USD139 atau setara Rp2,1 juta itu akan bisa dibeli konsumen per 1 Februari 2024 nanti.

"Rencananya mereka akan menunjukkan langsung casing tersebut di ajang CES 2024," sebut The Verge. Tidak hanya untuk iPhone 14 Pro, Clicks justru berencana menyiapkan casing yang sama untuk pengguhan iPhone 15 dan iPhone 15 Pro.



Rencananya casing unik itu akan bisa dikirim ke konsumen pertengahan 2024 ini. Sementara dalam video promosi yang dibuat Clicks, disebutkan bahwa keyboard fisik seperti yang digunakan BlackBerry sebenarnya tidak perlu dihilangkan seiring kencangnya perkembangan ponsel cerdas.

"Steve Jobs menyebutkan bahwa ponsel digital cerdas tidak memerlukan keyboard fisik. Dia bisa saja benar, tapi keyboard fisik menawarkan presisi dan penggunaan yang lebih taktis," terang pendiri Clicks, Michael Fisher.

Nah, keputusan sekarang ada di tangan pengguna iPhone. Apakah mengetik dengan layar sentuh jauh lebih baik dibanding memanfaatkan keyboard fisik? Cuma pengguna ponsel cerdas seperti iPhone dan Android yang bisamenjawabnya.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1819 seconds (0.1#10.140)