Pengertian Absen Online dan Kelebihannya Dibandingkan Absen Manual

Jum'at, 24 Juni 2022 - 17:48 WIB
loading...
A A A
Sementara, Absen online merupakan sistem absensi yang memanfaatkan jaringan internet dengan sistem cloud yang terhubung dengan database secara realtime. Sistem cloud ini berguna untuk menyimpan data absensi secara otomatis tanpa perlu melakukan rekapitulasi. Selain itu, laporan absensi yang telah masuk dapat diakses di mana pun dan kapan pun sehingga memudahkan HRD untuk memantau karyawannya secara realtime.

Saat ini, telah tersedia banyak jenis software absen online yang memiliki kemampuan untuk tracking pegawai berdasarkan lokasi (GPS) dan face recognition. Tentunya bisa mencatat jam kerja secara realtime, sehingga bisa memantau aktivitas kehadiran karyawan dengan efektif dan efisien.

Tujuan Melakukan Laporan Absensi bagi Perusahaan
Adapun tujuan untuk melakukan laporan absensi bagi perusahaan adalah sebagai berikut:
1. Menandai waktu kedatangan dan pulang karyawan
2. Menghitung jumlah jam kerja
3. Melacak jumlah ketidakhadiran karyawan
4. Pedoman perhitungan gaji serta tunjangan
5. Memastikan operasional perusahaan dijalankan dengan benar
6. Mengetahui produktivitas karyawan
7. Memastikan upah karyawan sesuai

Manfaat Absen Online
Secara umum, absen online memiliki manfaat yang sama dengan jenis absen lainnya, yakni memberikan laporan kehadiran karyawan setiap harinya. Ada beberapa manfaat lainnya yang hanya dimiliki oleh sistem absen online, yakni :

1. Lebih mudah melakukan monitor data dan mengukur data kehadiran karyawan hanya melalui sistem. Tentu saja data yang masuk adalah data yang akurat dan real time saat itu juga ketika karyawan melakukan absensi sehingga tak perlu diragukan validitasnya.

2. Sistem akan melakukan analisis secara menyeluruh sehingga dapat dijadikan bahan pertimbangan untuk menyetujui atau menolak request cuti karyawan keahlian dan kinerja karyawan, kebijakan perusahaan, serta pertimbangan lainnya.

3. Mengurangi pekerjaan administratif sehingga HR bisa lebih fokus melakukan perancangan program pengembangan kinerja karyawan.

4. Pengambilan keputusan strategis lebih mudah karena didukung oleh data yang disimpan dalam server berbasis cloud sehingga dapat diakses kapan saja bahkan melalui perangkat lain di luar kantor. Selain itu, sistem cloud juga lebih up to date sehingga HR dapat memantau jika ada data kehadiran karyawan baru yang masuk.

Kelebihan Absen Online Dibandingkan Absen Manual
Di era teknologi yang semakin canggih ini, banyak perusahaan yang beralih ke sistem absen online daripada bertahan dengan sistem manual. Hal ini dikarenakan absen online jauh lebih efektif dan efisien untuk digunakan.

Berikut ini adalah kelebihan absen online :
1. Dapat Dilakukan Kapan pun dan di Mana pun
Saat menggunakan absen manual, Anda harus datang ke tempat untuk absen tertentu dan sering kali harus mengantri dengan karyawan lainnya. Namun, dengan absen online, Anda tidak perlu lagi menghabiskan waktu untuk mengantri sebab Anda bisa melakukannya di mana pun Anda berada atau multi lokasi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6319 seconds (0.1#10.140)