Potensi Talenta Digital Indonesia Berkarakteristik

Rabu, 26 April 2023 - 01:58 WIB
loading...
Potensi Talenta Digital Indonesia Berkarakteristik
Talenta digita Indonesia disebut lebih ungguil dari negara Asia lain. FOTO/ TV
A A A
JAKARTA - Ranah digital di Indonesia telah berkembang pesat dalam beberapa tahun terakhir. Salah satu faktor kunci dari pertumbuhan ini adalah munculnya talenta digital yang sangat terampil dalam memanfaatkan teknologi untuk mendorong inovasi dan pertumbuhan.

BACA JUGA - Ekosistem Digital dan Ekologi Digital

Dari software engineers hingga digital marketers, talenta digital dari Indonesia sangat dicari baik dari perusahaan nasional maupun internasional.

Sagara Technology juga ingin menemukan dan mengembangkan talenta digital di Indonesia itu sendiri. Sifat dari digital talent berkualitas tinggi dari Indonesia ini bisa dikarakteristikan dengan kreativitas, inovasi dan adaptabilitas.

“Kami selaku tim Sagara Technology menyatakan bahwa Indonesia mempunyai potensial untuk menjadi negara yang punya andil besar dalam global tech industry.” Devi Oktaviani, CEO Sagara Technology


Tetapi menurut saya sebagai wanita yang bekerja di industri teknologi, terdapat beberapa kendala yang dihadapi talenta digital di Indonesia ini.

Salah satunya adalah hambatan dalam edukasi dan pelatihan di ranah digital. Meski negara kita sendiri telah mengembangkan akses dalam edukasi menjadi lebih mudah, tetapi kualitas tiap daerah atau provinsi berbeda-beda.

Hal ini menyebabkan kesenjangan dalam skills apalagi dalam ranah digital sehingga kurangnya ahli dalam bidang tersebut.

Dari grafik di atas, Indonesia telah mencapai bonus demografi satu dekade lalu, namun puncak bonus demografi diperkirakan terjadi pada tahun 2025-2050. Anggap saja ini berarti dilihat profil SDM yang saat ini berada di usia produktif.

Indonesia merupakan negara penyedia tenaga kerja tertinggi di Asia Tenggara menurut katadata.co.id. 38,4% pekerja Asia Tenggara adalah orang Indonesia.

Dan 10 dari 15 penduduk Indonesia adalah usia produktif. Asia Tenggara: 321 juta orang Indonesia: 140 juta orang. India: 180 juta orang.nesia Berkarakteristik
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4776 seconds (0.1#10.140)