Teknologi AI Jadi Tantangan Tenaga Kerja Indonesia Kedepan

Kamis, 01 Juni 2023 - 12:07 WIB
loading...
Teknologi AI Jadi Tantangan Tenaga Kerja Indonesia Kedepan
Teknologi AI jadi tantangan tenaga kerja Indonesia kedepan. Foto: Istimewa
A A A
JAKARTA - Teknologi Artificial Intelligence (AI), Machine Learning (ML), cloud computing, product management, dan media sosial adalah empat keterampilan yang paling dibutuhkan tempat kerja di masa depan.

Keempatnya menjadi tantangan besar bagi Indonesia. Apalagi, digital ekonomi Indonesia memiliki nilai terbesar di Asia Tenggara, dengan perkiraan USD77 miliar, pada tahun 2022 atau naik 22 persen dari tahun lalu.

Namun, kesenjangan kesetaraan digital yang meluas masih menjadi tantangan bagi Indonesia dan mempengaruhi ambisinya untuk mencapai visi Indonesia 2045.



Shirley Santoso, Partner dan President dari Kearney mengatakan, Indonesia memiliki potensi bonus demografi yang baik di tahun-tahun mendatang.

"Hanya saja, menurut sebuah studi dari Kearney, Indonesia harus mengatasi masalah struktural dalam pendidikan dan pengembangan sumber daya manusia," katanya, kepada SINDOnews, Kamis (1/6/2023).

Dijelaskan dia, inisiatif digitalisasi di seluruh mata rantai industri telah dimulai, meskipun masih terbatas.

"Indonesia menyumbang 40 persen dari ekonomi digital Asia Tenggara, tetapi sebagian besar penduduk Indonesia masih belum dibekali dengan keterampilan TIK dasar yang dibutuhkan untuk bertahan hidup," jelasnya.



Menurut sebuah studi analisis terhadap 228 juta iklan lowongan pekerjaan baru-baru ini di Amerika Serikat, keahlian Artificial intelligence (AI), machine learning (ML), cloud computing, product management, dan media sosial menjadi empat keterampilan yang paling dibutuhkan untuk lapangan pekerjaan yang terus berevolusi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2536 seconds (0.1#10.140)