Cara Memakai Fitur Multi Active Window Galaxy Tab A8 untuk Belajar Online

Sabtu, 12 Maret 2022 - 15:05 WIB
loading...
Cara Memakai Fitur Multi Active Window Galaxy Tab A8 untuk Belajar Online
Samsung Galaxy Tab A8 punya beragam fitur yang bisa dimanfaatkan untuk menunjang pembelajaran online. Foto: Sindonews/Danang Arradian
A A A
JAKARTA - Tablet menjadi perangkat yang sangat diminati untuk pembelajaran online anak-anak maupun pelajar. Karena lebih ringkas, lebih mudah dinavigasikan, harga lebih terjangkau dibandingkan laptop, juga lebih praktis.

Termasuk juga, Samsung Galaxy Tab A8 yang dibanderol hanya Rp2.999.000 (Wi-Fi 3 GB/32 GB) dan Rp4.499.000 (LTE 4 GB/ 128 GB).

Tablet tersebut dibekali layar 10,5 inci beresolusi 1920 x 1200 (WUXGA) TFT dengan bezel tipis 10,2mm dan aspect ratio 16:10. Karena layarnya luas, jadi lebih mudah untuk membaca e-book pelajaran sekolah atau mengerjakan tugas-tugas sekolah yang dikirim via Google Classroom.

Anak, pelajar, dan orang tua juga bisa bergantian memanfaatkan tablet ini untuk mengikuti kelas online dan meeting lewat kamera depan 5MP yang ditempatkan di tengah atas saat tablet diposisikan horizontal.



Nah, salah satu fitur menarik dari Samsung Galaxy Tab A8 adalah Multi-Active Window. Tujuannya, untuk menjalankan dua aplikasi berbeda secara bersamaan dalam satu layar.

Misalnya, pengguna bisa mengikuti kelas online melalui aplikasi video conference di satu layar, sementara layar kedua akan menampilkan Samsung Notes untuk mencatat poin-poin penting.

Dengan Multi-Active Window, anak-anak bisa membuat catatan kelas di Samsung Notes, memberikan garis bawah untuk frasa-frasa penting, atau bahkan mengimpor file PDF dan image, ke dalam Notes yang ada.

Daftar aplikasi yang mendukung multi-active window bisa dilihat di Edge panels. Namun Edge panels ini harus terlebih dahulu diaktifkan terlebih dahulu.

Caranya, dari Settings, pilih Display, lalu geser tombol Edge panels ke kanan untuk mengaktifkan. Kembali ke Home screen, dan Anda akan melihat tanda Edge panels di sisi kanan layar.

Tarik Edge panels dari sisi kanan layar ke tengah. Lalu tap tombol garis tiga, setelah itu tap All apps. Di layar akan muncul semua aplikasi yang mendukung multi-active window.

Nah, berikut cara menggunakan Multi-Active Window di Galaxy Tab A8:
Cara Memakai Fitur Multi Active Window Galaxy Tab A8 untuk Belajar Online

1. Jalankan dulu aplikasi pertama yang hendak ditampilkan secara multi-screen. Contohnya, aplikasi Zoom.
2. Tap tombol Recent (tombol berbentuk tiga garis di panel navigasi di bagian bawah layar) untuk menampilkan semua aplikasi yang sedang berjalan.
3. Tap icon aplikasi Zoom, lalu pilih Open in split screen view. Zoom akan langsung ditampilkan pada posisi setengah layar.
4. Di layar setengah lagi, pilih aplikasi kedua, yaitu Samsung Notes.
5. Pengguna bisa menggeser-geser garis tengah yang membatasi kedua aplikasi yang sedang tampil multi-screen, ke atas atau ke bawah (ketika tablet digunakan dalam orientasi vertikal) atau ke samping kanan atau kiri (tablet dalam orientasi horizontal) untuk memperluas area salah satu aplikasi.

Selain itu, ada cara lain untuk mengaktifkan Multi-Active Window.
1. Dari Edge panels. Buka Edge panels, jalankan salah satu aplikasi. Misalnya, Zoom.
2. Tarik Edge panels ke kiri. Pilih tombol garis tiga, lalu tap All apps. Anda akan melihat berbagai aplikasi yang bisa dijalankan secara multi-active window.
3. Sentuh salah satu aplikasi, misalnya Samsung Notes. Maka Zoom dan Samsung Notes akan dijalankan di dua screen yang berbeda.

Kalau cukup sering menggunakan kedua aplikasi ini, masukkan keduanya ke dalam App pairs agar bisa langsung dijalankan bersamaan dengan satu tap saja.

Caranya, saat kedua app dijalankan, di bagian tengah ada tombol berupa tiga titik kecil. Tap titik itu dan akan ada tombol untuk App pair berbentuk kotak bertanda plus di dalamnya.

Tap dan otomatis Zoom dan Samsung Notes akan disatukan dalam App pair. Untuk menjalankannya di lain waktu, geser Edge panels, pilih folder Pair App yang berisi kedua aplikasi. Tap dan otomatis kedua aplikasi dijalankan secara multi-screen bersamaan.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3098 seconds (0.1#10.140)