Cara Menggunakan Samsung Kids di Tablet Galaxy Tab A8

Kamis, 17 Maret 2022 - 19:40 WIB
loading...
Cara Menggunakan Samsung Kids di Tablet Galaxy Tab A8
Samsung Kids adalah fitur yang memungkinkan anak-anak bermain sekaligus belajar. Foto: Sindonews/Danang Arradian
A A A
JAKARTA - Pada masa school from home atau pembelajaraan jarak jauh seperti sekarang menjadi penting untuk anak-anak bisa menggunakan perangkat elektronik untuk belajar. Tidak sekadar bermain game atau menonton YouTube.

Nah, di tablet Galaxy Tab A8 , Samsung sebenernya sudah membekali fitur Samsung Kids . Apa itu Samsung Kids?

Samsung Kids adalah aplikasi khusus untuk anak-anak, di mana mereka dapat bermain sambil belajar problem solving dan critical thinking.

Samsung Kids juga memungkinkan orang tua melindungi anak-anak mereka saat menjelajahi pengalaman di dunia digital.

BACA JUGA: Cara Mengaktifkan Fitur Dolby Atmos di Galaxy Tab A8

Parental Kontrol
Di dalam Samsung Kids ada fitur parental control yang dapat diaktifkan untuk mengamankan anak dalam penggunaan perangkat digital. Juga, tidak terpapar konten yang tidak sesuai dengan usia dan perkembangan.

Lewat fitur parental control, orang tua bisa mengatur Screen Time, yakni batas waktu penggunaan tablet, dan menentukan aplikasi apa saja yang boleh diakses oleh anak.

Orang tua juga akan mendapat update activity anak selama menggunakan tablet Galaxy Tab A8.

Ada juga berbagai aplikasi permainan dan kreativitas di Samsung Kids. Seperti Crocro’s Friend Village, Bobby’s Canvas, Lisa’s Music Band, Crocro’s Adventure.

Fitur lainnya, ada aplikasi untuk camera, gallery, browser khusus anak-anak, koleksi art yang dikerjakan anak, maupun rekaman suara mereka.

Di browser, orang tua bisa menentukan website apa saja yang boleh diakses dan mencegah mereka berselancar sampai ke website yang tak diinginkan.

Dalam penggunaan awal, semua aplikasi ini harus diunduh dan di-install terlebih dahulu.

Untuk menikmati seluruh fitur ini, Samsung Kids perlu diaktifkan terlebih dahulu. Berikut cara mengaktifkan Samsung Kids:
Cara Menggunakan Samsung Kids di Tablet Galaxy Tab A8

1. Dari Home screen seret Quick Settings panel.
2. Pilih tanda plus, lalu cari button Kids.
3. Tekan dan tahan button Kids, lalu drag di Quick Settings panel.
4. Setelah itu, tap button Kids untuk mulai mengaktifkan Samsung Kids. Nanti akan muncul layar Samsung Kids.
5. Centang Add Samsung Kids to the Apps Screen, lalu tap Next. Tentukan PIN.
6. Anda akan dibawa ke Home screen Samsung Kids. Di situ tersedia berbagai aplikasi untuk diunduh.

Cara mengatur Samsung Kids:
Cara Menggunakan Samsung Kids di Tablet Galaxy Tab A8

1. Untuk men-setting Samsung Kids, tap tombol titik tiga di sudut kanan atas. Pilih Settings. Masukkan PIN, lalu pilih Setttings yang dikehendaki, seperti mengubah PIN atau me-reset Samsung Kids.
2. Untuk mengatur Screen time, buka Samsung Kids, lalu tap tombol titik tiga di pojok kanan atas, pilih Parental Control, lalu masukkan PIN.
3. Di layar Parental Control akan terlihat foto profil anak, Activity Report, Screen Time, dan Allowed Content. Pilih Screen Time.
4. Di layar akan terlihat pengaturan Screen Time, seperti apakah pengaturan Screen Time ini akan sama setiap hari (Same every day), jika sama, centang!
5. Tentukan berapa lama screen time yang Anda berikan. Pilihannya adalah 15 menit, 30 menit, 1 jam, atau custom (minimal 5 menit).
6. Jika Anda ingin mengatur goals untuk tiap hari dalam sepekan, centang di Set goals for each day of the week. Atur berapa lama Screen time untuk hari Minggu sampai Minggu.
(dan)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1867 seconds (11.252#12.26)