Ingin Bikin Podcast Sendiri? Ikuti Langkah-Langkah Ini!

Senin, 14 Februari 2022 - 09:13 WIB
loading...
Ingin Bikin Podcast Sendiri? Ikuti Langkah-Langkah Ini!
Memulai podcast bisa dilakukan dengan alat yang sederhana. Foto: ist
A A A
JAKARTA - Bagi kalian yang memiliki minat di dunia penyiaran radio, podcast tampaknya bisa menjadi langkah awal. Podcast sendiri punya karakteristik yang mirip sekali dengan siaran radio.

Asiknya lagi, podcast bisa dibuat sendiri dengan peralatan yang minim sekalipun. Ini dimungkinkan lantran podcast umumnya merupakan sebuah rekaman, tidak disiarkan secara langsung.

Kalian hanya tinggal merekam apa yang didiskusikan, lalu kemudian mempublikasikan podcast tersebut ke berbagai platform yang memungkinkan. Semudah dan sesimpel itu.

Tapi perlu diingat, untuk membuat podcast yang menarik tentu tidak bisa asal-asalan. Ada beberapa hal yang perlu dilakukan untuk memulai membuat podcast, berikut tipsnya, melansir dari Instagram Kementerian Komunikasi dan Informatika.

1. Pilih topik obrolan
Topik obrolan bisa menggunakan topik andalan saat nongkrong bareng teman. Agar mempermudah alur diskusi, jangan lupa menyusun skrip atau poin pembicaraan.

2. Tentukan tipe podcast
Podcast memiliki banyak tipe, misalnya interview, solo, bahkan multi-host. Tentukan tipe podcast yang ingin kalian ambil, jika diperlukan bisa juga ajak teman.

3. Siapkan alat
Membuat podcast bisa dengan laptop atau bahkan perangkat smartphone. Di sini yang jadi kunci adalah mikropon. Kalian bisa gunakan mikropon bawaan perangkat atau mikropon analog dengan tambahan audio interface.

4. Tentukan aplikasi podcast
Sekarang sudah banyak aplikasi yang bisa diakses dengan mudah untuk memproduksi podcast secara praktis. Bisa menggunakan Anchor, Podbean, Noice, Castbox, atau Spotify. Pilih sesuai selera.

Di Indonesia sendiri ada beberapa podcast besar yang direkomendasikan oleh Kemenkominfo, di antaranya adalah Podkesmas, Reza Anka Radhini Abigail Pocast, TED Talk Daily, Makna Talks, Do You See What I See, hingga Satu Persen Podcast.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.7761 seconds (0.1#10.140)