Spotify Luncurkan Fitur Terjemahan Bertenaga AI, Gunakan Suara Podcaster Top

Selasa, 26 September 2023 - 21:08 WIB
loading...
Spotify Luncurkan Fitur Terjemahan Bertenaga AI, Gunakan Suara Podcaster Top
Spotify telah meluncurkan sistem AI yang menerjemahkan podcast populer ke berbagai bahasa dengan tetap mempertahankan suara pembawa acara atau podcaster top. Foto/Alternativeto
A A A
LONDON - Spotify telah meluncurkan sistem AI yang menerjemahkan podcast populer ke berbagai bahasa dengan tetap mempertahankan suara pembawa acara atau podcaster top. Fitur terjemahan dapat mentranskripsikan bahasa Inggris dan bahasa lain ke dalam bahasa Inggris, dengan mengkloning suara pembicara.

Sebagai bagian dari uji coba, raksasa streaming musik ini perlahan meluncurkan fitur baru dengan sekelompok kecil podcaster dan menerjemahkan ke dalam bahasa Spanyol. Dax Shepard, bersama istrinya Kristen Bell, telah membuat podcastnya, Armchair Expert, menggunakan terjemahan AI .

Spotify juga telah menggunakan teknologi ini pada Monica Padman, Lex Fridman, The Bill Simmons Podcast, dan Diary Of A CEO dari maestro Dragons' Den, Steven Bartlett. Perusahaan mempunyai rencana untuk memperluas grupnya dengan memasukkan 'The Rewatchables' dari The Ringer dan Trevor Noah.



Sebagai bagian dari uji coba, perusahaan mengklaim versi terjemahan akan meniru gaya asli pembicara, dan akan lebih natural dibandingkan sulih suara tradisional. Meskipun bahasa Spanyol saat ini merupakan satu-satunya bahasa yang tersedia, bahasa Prancis dan Jerman akan diluncurkan dalam beberapa minggu mendatang.

Semua episode yang diterjemahkan akan tersedia untuk semua pengguna Spotify premium dan gratis mulai 25 September. Platform streaming musik juga telah membuat Hub Terjemahan Suara, yang akan diperbarui seiring dengan semakin banyaknya konten yang ditambahkan ke program.

Ziad Sultan, VP Personalization, mengatakan dengan mencocokkan suara pembuatnya, Terjemahan Suara memberi pendengar di seluruh dunia kekuatan untuk menemukan dan terinspirasi oleh podcaster baru. Tentu dengan tetap lebih autentik dibandingkan sebelumnya.

“Kami percaya bahwa pendekatan AI yang bijaksana dapat membantu membangun hubungan yang lebih dalam antara pendengar dan pencipta. Ini merupakan komponen kunci dari misi Spotify untuk membuka potensi kreativitas manusia,” katanya dikutip SINDOnews dari laman Daily Mail, Selasa (26/9/2023).



Spotify mengembangkan fitur tersebut dengan menggunakan alat transkripsi suara OpenAI yang didukung Microsoft, Whisper. Ada juga Hub Terjemahan Suara khusus, yang akan diperbarui dengan setiap episode saat diterjemahkan.

Ini adalah langkah terbaru perusahaan Swedia untuk meningkatkan pendapatan. Spotify telah banyak berinvestasi dalam bisnis podcastnya, dengan harapan langkah ini akan mendatangkan lebih banyak pengiklan.

Awal tahun ini, platform streaming musik tersebut menaikkan harga layanan premium bebas iklan di lebih dari 50 negara, termasuk Amerika Serikat, Inggris, dan Irlandia.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2826 seconds (0.1#10.140)