Fitur Baru, YouTube Luncurkan Halaman Khusus untuk Podcast

Selasa, 23 Agustus 2022 - 06:00 WIB
loading...
Fitur Baru, YouTube Luncurkan Halaman Khusus untuk Podcast
YouTube menegaskan posisinya sebagai platform podcast yang paling banyak digunakan dengan meluncurkan halaman podcast khusus. Foto/Engadget
A A A
SAN BRUNO - YouTube menegaskan posisinya sebagai platform podcast yang paling banyak digunakan dengan meluncurkan halaman podcast khusus. Sebelumnya, batas antara podcasting dan YouTube masih samar, langkah yang diambil YouTube ini dapat menimbulkan tantangan bagi para pesaing seperti Spotify dan Apple Podcasts.

Menurut 9to5Google, halaman tersebut memulai debutnya pada akhir Juli dan masih dalam proses peluncuran. Itu hanya dapat diakses di AS di youtube.com/podcasts atau melalui halaman Jelajahi (dalam aplikasi atau browser), di mana ada tab podcast baru.

Halaman baru ini menampilkan acara dan saluran yang sedang tren yang sudah memiliki jutaan pelanggan, seperti Podcast H3 atau podcast Logan Paul, tetapi sebaliknya tidak menunjukkan banyak kurasi. Halaman ini hampir tidak secanggih platform podcast saingan, tetapi itu mungkin tidak terlalu penting.

Baca juga; YouTube Jadi Platform Pilihan Terbaik untuk Podcast

Dikutip dari laman theverge, Selasa (23/8/2022), sebuah studi oleh Cumulus pada bulan Mei menemukan bahwa YouTube sudah mengungguli Apple Podcast dan Spotify, berkat munculnya podcast video dan kemudahan penggunaan. Jadi mungkin lebih pintar untuk tetap menggunakan format yang sudah diketahui pemirsa.

Kehadiran YouTube di ruang podcasting terjadi lebih banyak melalui osmosis daripada sebagai strategi yang disengaja. Apple adalah raksasa teknologi pertama yang memasuki ruang angkasa, meluncurkan podcast pada 2005.

Spotify mulai secara agresif mengejar podcasting pada 2019 dengan akuisisi studio dan teknologi serta kesepakatan blockbuster dengan bintang seperti Joe Rogan dan Alex Cooper. Sementara itu, podcast di YouTube terjadi begitu saja karena semuanya berakhir di YouTube dengan satu atau lain cara.

Baca juga; Kenapa Banyak Orang Suka Dengerin Podcast?

Podcasting masih kentang kecil untuk YouTube. Streamer menghasilkan USD28,8 miliar untuk perusahaan induknya, Google, pada tahun 2021. Sementara itu, seluruh industri podcast baru saja melewati USD1 miliar tahun lalu, menurut sebuah studi oleh Interactive Advertising Bureau.

YouTube tidak benar-benar perlu memiliki podcasting, tetapi halaman tersebut merupakan indikasi bahwa perusahaan dapat memasukkan lebih banyak sumber daya ke dalamnya. YouTube belum menanggapi permintaan konfirmasi tentang inisiatif podcast ini lebih lanjut.
(wib)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1373 seconds (11.97#12.26)