YouTube Jadi Platform Pilihan Terbaik untuk Podcast

Sabtu, 28 Mei 2022 - 08:09 WIB
loading...
YouTube Jadi Platform Pilihan Terbaik untuk Podcast
YouTube menjadi platform pilihan teratas untuk mendengarkan podcast, menurut survei terbaru yang dilakukan oleh voice actor marketplace Voices. Foto/Dok/SINDOnews
NEW YORK - YouTube menjadi platform pilihan teratas untuk mendengarkan podcast , menurut survei terbaru yang dilakukan oleh voice actor marketplace Voices. Ini menjadikan Podcaster lebih sering mengunggah episode podcast video lengkap ke YouTube, yang berfungsi sebagai saluran distribusi dan pemasaran.

Dikutip SINDOnews dari laman Forbes, Sabtu (28/5/2022), Voices baru-baru ini melakukan survei terhadap 1.002 pendengar podcast di Amerika Serikat (AS) antara usia 18 hingga 69 tahun untuk membuka wawasan baru tentang kebiasaan dan tren mendengarkan podcast Amerika. Hasilnya, 57,8% responden survei lebih suka mendengarkan acara di platform berbagi video YouTube yang didukung Google.

Setelah YouTube ada Spotify yang disukai oleh 53,6% pendengar. Spotify juga telah mengambil langkah untuk memperluas ketersediaan podcast video. 41,1% pendengar menggunakan Apple Podcast, diikuti oleh Google Podcast dengan 37,9%.

Baca juga; YouTube Sederhanakan Kontrol Kualitas Streaming



Keputusan Amazon untuk mengintegrasikan podcast ke Audible tampaknya membuahkan hasil, karena 29,7% responden mengatakan mereka mendengarkan podcast di aplikasi ini. Laporan tersebut juga membagikan poin data mendalam tentang bagaimana pendengar podcast YouTube merespons dan terlibat dengan iklan.

Sebanyak 70% pendengar YouTube lebih memilih iklan yang dibaca langsung daripada yang sudah diproduksi sebelumnya. Ada juga keinginan dari separuh pendengar agar iklan podcast YouTube lebih dipersonalisasi dan relevan dengan tema podcast yang mereka dengarkan.
YouTube Jadi Platform Pilihan Terbaik untuk Podcast


Dua dari lima pendengar YouTube lebih memilih iklan di tengah podcast saat istirahat, sementara dua dari tiga pendengar YouTube ingin iklan podcast mendapat waktu khusus. 64% pendengar juga melaporkan mencari iklan yang lebih menarik dan interaktif dari pengiklan.

Baca juga; Kenapa Banyak Orang Suka Dengerin Podcast?

Mencari tahu durasi iklan yang baik sangat penting untuk podcaster dan platform, karena rata-rata, pendengar YouTube akan mematikan podcast jika iklan lebih dari 38 detik. Tetapi jika dilakukan dengan benar, iklan podcast YouTube efektif untuk membuat pendengar berbelanja: pendengar YouTube menghabiskan rata-rata USD143 (Rp2 juta lebih) untuk pembelian dari iklan podcast, lebih tinggi dari rata-rata industri USD133.
(wib)
Komentar Anda