9 Tips Memanfaatkan OPPO A16 untuk Kerja di Rumah

Minggu, 05 September 2021 - 14:35 WIB
loading...
9 Tips Memanfaatkan OPPO A16 untuk Kerja di Rumah
Doc. Oppo Indonesia
A A A
Dibanderol Rp2 juta, OPPO A16 memiliki banyak fitur yang bisa dioptimalkan untuk Work From Home (WFH). Walau harganya terjangkau, OPPO A16 tetap piawai saat digunakan untuk bekerja dari rumah (WFH).

Hal pertama yang terasa saat menggunakan OPPO A16 adalah ringan dan nyaman. Tebalnya hanya 8,4 mm, dengan berat cuma 190 gram. Struktur tepian 3D yang melengkung, juga lebih nyaman dipegang. Ponsel ini enak digenggam, mudah dikantongi, dan nyaman dibawa-bawa.

Nah, OPPO A16 bisa menjadi perangkat ideal sebagai pendamping WFH. Bagaimana mengoptimalkan fitur-fiturnya?

1. Video Conference Berjam-jam

OPPO A16 memiliki layar 6.52 inci HD + LCD (1600 x 720 piksel), 269 PPI, Refresh Rate 60HZ, dengan desain kamera ala tetesan air.

Nah, yang membuat OPPO A16 nyaman untuk digunakan video conference berjam-jam lewat Zoom atau Google Meet, adalah fitur seperti Eye-Care Display. Layar otomatis menyesuaikan pengaturan di pencahayaan ruangan agar mata lebih nyaman.

9 Tips Memanfaatkan OPPO A16 untuk Kerja di Rumah


Jika kita meeting di teras rumah, Sunlight Screen dapat meningkatkan kecerahan layar hingga 14,5 persen secara otomatis dibawah sinar matahari.

Sebaliknya, di malam hari, Moonlight Screensec ara otomatis membuat layar redup hingga 2 nits untuk mempertahankan warna asli layar.

Adapun AI Smart Backlight secara otomatis menyesuaikan pengaturan lampu latar sepanjang hari, mengubah kecerahan dalam kondisi berbeda-beda. Dampaknya, tampilan ke mata jadi lebih nyaman, karena bisa menyesuaikan cahaya dari ruangan.

2. Kamera Depan 8 MP dengan AI Beautification

OPPO A16 menggunakan konfigurasi 3 kamera belakang, yakni kamera utama 13 MP, kamera bokeh 2 MP, dan kamera makro 2 MP. Ada opsi berbagai filter untuk selfie atau membuat video di TikTok.

Kualitas kamera depannya juga sangat baik, sehingga saat digunakan video conference untuk bekerja atau sekolah dari rumah hasilnya jernih. Bahkan ada algoritma yang bisa menghaluskan kulit secara alami, bahkan menyesuaikan cahaya sekitar.

3. Baterai 5.000 mAh

9 Tips Memanfaatkan OPPO A16 untuk Kerja di Rumah


Walau bekerja di rumah selalu ada akses ke colokan listrik, tapi baterai 5.000 mAh dengan 10W memberikan kenyamanan. Sebab, video call berjam-jam yang boros baterai tidak jadi masalah. Tidak harus sering-sering bertemu colokan listrik.

4. IPX4

OPPO A16 dilengkapi RAM 3GB dan memori internal 32 GB, serta sertifikan tahan air IPX4. Artinya, bisa tahan cipratan air normal. Misalnya tidak sengaja tertumpah minuman di meja.

5. Keamanan

9 Tips Memanfaatkan OPPO A16 untuk Kerja di Rumah


Tak jarang file-file pekerjaan yang sifatnya rahasia dikirim lewat WhatsApp atau email. Ada dua hal yang bisa dilakukan agar keamanan tetap terjaga. Pertama, mengaktifkan Face Recognition + Side Fingerprint Unlock untuk log in. Kedua, PrivateSafe dimana pengguna bisa menyimpan gambar, video, audio, dokumen, dan file pribadi lainnya di Brankas Pribadi untuk mencegah orang lain mengaksesnya.

6. Super Nightime Standby

Sesekali dalam seminggu mungkin pengguna harus piket ke kantor. Dengan Super Nightime Standby. OPPO A16 hanya mengonsumsi baterai 1,21 persen selama pukul 11 malam hingga 7 pagi. Sehingga saat bangun baterai tetap utuh seandainya lupa mengisi daya.

Di saat darurat, manfaatkan juga mode Hemat Daya. Dengan sisa baterai 5 persen, pengguna bisa melakukan panggilan telepon hingga 1,84 jam.

7. Color OS 11.1 Menunjang Performa

OPPO A16 menggunakan Mediatek Helio G35 (MT6765G) dengan 3GB+32GB, serta Dual SIM 4G standby. Adapun memorinya bisa ditambah hingga 256 GB.

Beberapa fitur pendukung, antara lain Idle Time Optimizer, fungsinya menganalisis ponsel untuk file sampah dan mempersihkan otomatis.

Lalu System Booster melakukan 10 optimasi agar ponsel bisa berjalan lebih cepat. AI Startup Optimizer berguna membuat aplikasi yang sering dipakai tetap terbuka saat ponsel dinyalakan.

Color OS 11 juga mampu melacak hingga 50 aplikasi. OS ini sangat canggih, dengan fitur seperti Athena 3.0 untuk mencegah kehabisan memori, Dynamic Memory Manager untuk mengelola memori, System Reisdent Process Optimizer agar memori terkontrol dan lebih hemat, serta Nstack mencegah aplikasi crash. Sehingga performa A16 sangat ditunjang oleh softwarenya.

8. Multitasking

Untuk multitasking saat harus membuka WhatsApp, PowerPoint, hingga browser internet, ada FlexDrop yang membantu melakukan banyak tugas lebih efisien. Beberapa aplikasi dapat terbuka sebagai jendela kecil dan mengambang. Cukup geser keatas dari bagian bawah aplikasi.

9. Black Screen Mode

9 Tips Memanfaatkan OPPO A16 untuk Kerja di Rumah


Berguna ketika pengguna melakukan streaming berjam-jam tanpa menghabiskan daya baterai. Suara rapat di Zoom akan tetap terdengar, tapi layar tetap dalam kondisi mati.
(atk)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2301 seconds (0.1#10.140)