Review RedmiBook 15, untuk Bekerja, Sekolah, Ngegame dan Nonton Streaming

Senin, 09 Agustus 2021 - 17:05 WIB
loading...
Review RedmiBook 15, untuk Bekerja, Sekolah, Ngegame dan Nonton Streaming
Dengan banderol Rp6 juta, RedmiBook 15 bisa dipakai untuk berbagai kebutuhan pekerja ataupun pelajar. Foto: Sindonews/Danang Arradian
A A A
JAKARTA - Di atas kertas, fitur RedmiBook 15 terbilang menggiurkan. Tapi, bagaimana dengan pemakaian harian?

Dilihat sekilas, RedmiBook 15 memiliki desain yang bagus. Warnanya hitam elegan dan maskulin. Selain itu, layarnya juga besar. Yakni 15,6 inci, yang membuat mata jadi lebih nyaman.


Untuk CPU-nya sendiri terasa sangat baik. Karena sudah menggunakan Intel Core i3 Gen 11 Tiger Lake yang memiliki arsitektur 10 Nm.

Selama dua pekan mencobanya, laptop ini memang relevan bagi mereka yang bekerja dengan Microsoft Office, yang melakukan browsing web, Zoom Meeting, serta mengetik laporan/tugas kampus dan sekolah.

Keyboard Nyaman
Review RedmiBook 15, untuk Bekerja, Sekolah, Ngegame dan Nonton Streaming

Favorit Sindonews adalah sensasi mengetik di keyboardnya yang terasa sangat nyaman. Tidak terlalu dalam, tapi pantulannya pendek. Sehingga tidak mudah lelah. Juga, bisa mengetik dengan cepat. Satu-satunya kekurangan adalah tidak ada keyboard backlit.

Artinya, keyboard-nya tidak memancarkan cahaya sendiri. Walau, Sindonews sendiri merasa jarang sekali bekerja di dalam ruangan yang benar-benar gelap. Sehingga fitur keyboard backlit tidak terlalu dibutuhkan.

Trackpad Besar dan Cepat
Review RedmiBook 15, untuk Bekerja, Sekolah, Ngegame dan Nonton Streaming

Selain memiliki laptop Windows, Sindonews juga terbiasa menggunakan MacBook. Karena itu, sudah terbiasa dengan trackpad yang besar dan responsif.
Ternyata, saat menggunakan RedmiBook 15, Sindonews merasa cukup nyaman. Sebab, ukuran trackpad-nya besar. Juga, memiliki sensitivitas yang baik. Artinya, menggerakan pointer dengan tangan hasilnya cukup akurat.

Bermain DOTA
Review RedmiBook 15, untuk Bekerja, Sekolah, Ngegame dan Nonton Streaming

Tentu saja, ngegame adalah kegiatan penting untuk membantu rileks setelah bekerja. Bagaimana laptop dengan banderol Rp6 juta (harga perkenalan) ini dipakai untuk ngegame? Jawabannya bisa.

Tentu saja, RAM 8GB, GPU Intel UHD, dan prosesor Tiger Lake i3 juga memiliki keterbatasan. Sindonews mencoba memainkan Dota 2, dan hasilnya cukup lancar. Namun, disarankan memakai resolusi 720p. Juga, pastikan charger terhubung ke laptop. Gunanya untuk memaksimalkan power ke GPU.

Mengedit Video
Review RedmiBook 15, untuk Bekerja, Sekolah, Ngegame dan Nonton Streaming

Memang ada warganet yang bertanya, apakah RedmiBook 15 ini bisa digunakan untuk mengedit video?

Untuk membuktikannya, Sindonews mencoba mengedit video menggunakan Adobe Premiere Pro di RedmiBook 15. Diluar dugaan, ternyata Sindonews bisa mengedit dengan cukup lancar tanpa masalah.

Memotong video, mengunggah file, menghapus, menyalin, dilakukan tanpa ada masalah berarti. Lancar! Nah, yang terasa cukup lama adalah di waktu renderingnya. Tapi, ini tentu dimaklumi.

Layar Besar
Review RedmiBook 15, untuk Bekerja, Sekolah, Ngegame dan Nonton Streaming

Layar besar 15,6 inci dengan rasio 16:9 serta resolusi Full HD (1920x1080p) dirasakan Sindonews sangat nyaman untuk bekerja atau berkuliah selama Work From Home ataupun School From Home. Terasa lega dan nyaman, baik untuk kegiatan produktif ataupun hiburan seperti menonton video streaming.

Memang RedmiBook 15 masih menggunakan panel PN yang membuat viewing angle harus di posisi yang pas. Terlalu atas, jadi memutih, terlalu bawah, jadi sedikit gelap. Akurasi warnanya mungkin terasa kurang akurat untuk mereka yang sudah terbiasa memakai layar tajam. Tapi, untuk pengguna umum/pelajar, tidak akan terasa bedanya.

Tidak Sampai 2 Kg
Review RedmiBook 15, untuk Bekerja, Sekolah, Ngegame dan Nonton Streaming

Meski layarnya besar 15,6 inci, tapi bodinya sendiri tidak terlalu berat. Tidak sampai 2 kilogram termasuk chargernya. Jadi, masih cukup praktis untuk dibawa-bawa ke kantor atau kampus saat nanti pandemi sudah mereda.

Port dari RedmiBook 15 sendiri cukup banyak dan lengkap. Ada port charger DC in, HDMI, dan x2 USB 3.0 di sisi sebelah kiri. Sementara itu, di sisi kanan ada kensington lock, LAN port, x1 USB 2.0, card reader, dan 3.5mm jack audio. Hanya saja, belum memiliki USB Type C.

Hardisk 256 GB SSD-nya sendiri cukup gegas, misalnya saat startup Windows ataupun membuka aplikasi.

Daya Tahan Baterai
Penggunaan laptop saat WFH biasanya memakan waktu cukup panjang. Apalagi, melibatkan banyak aktivitas online. Bahkan, bisa seharian online. Di pagi hari, siang hari, hingga malam hari.

Baterai RedmiBook 15 berkapasitas 46 Whr, diklaim bisa bertahan hingga 10 jam. Tapi, dalam pemakaian hariannya, bisa mencapai 7-8 jam tergantung kegiatan apa yang dilakukan. Dan itu terasa cukup irit. Karena tidak perlu sering-sering charging.

Jaminan Garansi Resmi dan Jangkauan Service Center
Salah satu keunggulan Xiaomi, dibanding kompetitor yang juga baru bermain laptop seperti Infinix, misalnya, ada di jaminan garansi resmi untuk melindungi laptop saat terjadi kerusakan.

Jangkauan dan lokasi Service Center harus diperhatian karena penting saat mengklaim garansi.

Xiaomi mengutamakan layanan aftersales untuk Redmibook 15, karena ada jaminan garansi 2 tahun untuk mesin dan 1 tahun untuk baterai serta jaringan Service Center hingga 39 titik.



RedmiBook 15 bisa dibeli secara online di JD dan Mi.com, di Mi Store, atau layanan Mi Store from Home dengan menghubungi Whatsapp di 0812-9077-7722.

Spesifikasi dan Keunggulan RedmiBook 15
â—ŹProsesor Intel Core i3-1115G4 Gen 11, 10 nm.
â—ŹGrafik Intel UHD
â—ŹRAM 8 GB DDR4 3200 MHz
â—ŹMemori 256 SSD
â—ŹMicrosoft Windows 10 Home Edition
â—ŹDimensi 363.8 x 243.5 x 19.9 mm, berat 1,8 kilogram
â—ŹLayar 15.6 inci (1920x1080p) Full HD anti glare.
â—ŹPanel sudah mendukung DC Dimming, bebas flicker di kecerahan rendah.
â—ŹOpsi penggunaan Silent dan Balance dengan menekan Fn+K
â—ŹDaya tahan baterai 10 jam, berkapasitas 46Whr dan 65W adaptor
â—ŹKamera HD 720p
â—ŹSpeaker 2+2W, dengan DTS Audio
â—ŹTouchpad besar, berukuran 126mm x 82.6 mm
â—ŹGaransi resmi 2 tahun
â—ŹWarna Charchoal Gray
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6100 seconds (0.1#10.140)