Pandemi Mendorong Popularitas Data Center

Selasa, 03 Agustus 2021 - 07:16 WIB
loading...
Pandemi Mendorong Popularitas Data Center
Isabel Chong, General Manager for Singapore, Indonesia and Malaysia, Eaton. FOTO/ IST
Penulis: Isabel Chong, General Manager for Singapore, Indonesia and Malaysia, Eaton

COVID-19 telah menciptakan ledakan data center di wilayah ASEAN, terutama di Indonesia. Namun, mampukah kawasan ini mempertahankan pertumbuhan di masa mendatang?

Percepatan digitalisasi secara luas sejak 2020 bukan lagi hal asing bagi banyak orang. Penyebaran COVID-19 di seluruh dunia mengharuskan bisnis untuk memindahkan kegiatan mereka menjadi online dengan cepat sementara orang-orang mencari cara baru untuk bekerja, belajar dan bersantai sejak banyak negara memberlakukan lockdown dan pemerintah menerapkan peraturan jaga jarak sosial.

BACA JUGA - Pelajar Ini Gocek Alat PCR dan Tes Swab Cuma Pakai Jus Buah



Kondisi tersebut memunculkan kebiasaan digital yang berperan dalam pertumbuhan aplikasi dan perangkat konektivitas sehingga memungkinkan orang-orang untuk terus bekerja, sekolah, berbelanja dan mendapat hiburan dari rumah.

Di Asia Pasifik, sektor ecommerce, gaming dan video streaming, yang telah menunjukkan kinerja kuat sebelum pandemi, terus tumbuh dengan lebih banyak orang beralih ke layanan digital sebagai dampak dari peraturan jaga jarak sosial. Di saat yang sama, pandemi juga mendorong pemerintah dan perusahaan untuk mentransformasi dan mengadaptasi pengiriman barang serta layanan mereka, memajukan pemakaian IoT, AI dan teknologi lainnya yang bergantung pada pengumpulan dan analisis data, memicu peningkatan permintaan atas infrastruktur komputasi berkinerja tinggi.

BACA JUGA - Varian Delta Plus Kebal Vaksin, Ahli Tegaskan Pakai Masker Harga Mati

Gelombang permintaan data center selanjutnya

Sebagai komponen utama dalam transformasi, sektor data center memperlihatkan peningkatan tinggi dalam permintaan kapasitas, yang akan terus bertambah selama pandemi masih terus berlangsung.
halaman ke-1
preload video
Komentar Anda
TEKNO UPDATE