Apa Sebenarnya Keuntungan Layanan COD bagi Pembeli dan Penjual Online?

Senin, 07 Juni 2021 - 13:05 WIB
loading...
Apa Sebenarnya Keuntungan Layanan COD bagi Pembeli dan Penjual Online?
Fitur COD sebenarnya memberi banyak benefit, terlepas dari banyaknya video viral terkait cekcok pembeli dan kurir. Foto: dok Bukalapak
A A A
JAKARTA - Layanan Bayar di Tempat atau COD bisa dibilang menjadi bagian dari pertumbuhan transaksi online di Indonesia. Bisa dibilang, COD adalah transaksi yang sangat Indonesia.

Ketika marketplace belum sebesar sekarang, pengguna internet biasa melihat listing iklan di internet seperti Kaskus FJB atau Tokobagus (sebelum OLX), untuk kemudian saling bertransaksi dengan bertemu antara penjual dan pembeli.



Bisa jadi, itu juga yang menjadi penyebab mengapa banyaknya video viral terkait cekcok antara pembeli dan kurir, gara-garanya barang yang diterima pembeli dirasa tidak sesuai.

Di benak pembeli, saat mereka bertransaksi COD, mereka sedang bertransaksi dengan penjual. Padahal, posisi kurir dari perusahaan logistik hanya mengantar barang yang dipesan dan menerima pembayaran tunai dari tagihan barang.

Sebenarnya, ada banyak benefit COD bagi pembeli dan penjual. Apa saja? Berikut disarikan dari blog Bukalapak:

Keuntungan fitur COD bagi Pelapak?

1. Meningkatkan Jumlah Transaksi
Pelapak yang mengaktifkan Bayar di Tempat (COD) memiliki potensi kenaikan transaksi lebih tinggi dibanding yang tidak mengaktifkan.

2. Menjangkau Pembeli yang Lebih Banyak
Ada pembeli yang merasa nyaman dengan menggunakan metode Bayar di Tempat (COD). Sehingga menjadi potensi pelapak menjangkau potensi pembeli lebih banyak dan luas.

3. Pengiriman Terjamin
Semua pengiriman Bayar Di Tempat (COD) ini telah dilindungi oleh asuransi, jadi seharusnya tidak perlu khawatir lagi jika terjadi kendala pada barang saat sedang dalam pengiriman.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3460 seconds (0.1#10.140)