Kota Bandung Tertinggi Dalam Penyebaran Pengembang dan Penerbit Video Game

Jum'at, 30 April 2021 - 14:06 WIB
loading...
Kota Bandung Tertinggi Dalam Penyebaran Pengembang dan Penerbit Video Game
Kota Bandung menjadi tempat tertinggi dalam penyebaran pengembang dan penerbit video game. Angkanya sebesar 15,71% dari total penyebaran di Indonesia. Foto/Ist
JAKARTA - Industri game merupakan subsektor industri kreatif yang sangat potensial di Indonesia. Mengingat berbagai generasi di Tanah Air banyak yang gemar bermain game. Di luar itu, pengembang dan penerbit video game juga terus bermunculan.

Berdasarkan data yang dibagikan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Kota Bandung menjadi tempat tertinggi dalam penyebaran pengembang dan penerbit video game. Angkanya sebesar 15,71% dari total penyebaran di Indonesia.

BACA: Steam Tak Sengaja Depak 43 Game, Banyak Gamer Panik

Sementara di tempat selanjutnya ada Kabupaten Sleman 10% dan Kota Jakarta Barat 5,71%. Kemudian Kota Batam, Kota Jakarta Selatan, Kota Denpasar, Kota Jakarta Utara, dan Kota Tangerang, penyebarannya sama yakni 4,29%.

Sedangkan Kota Bogor, Kota Tarakan, Kota Salatiga, Kota Surabaya, Kota Sidorjo, dan Kota Balikpapan, penyebarannya sama sebesar 2,86%.



Berdasarkan status dan badan usaha, jumlah produksi video game di Tanah Air juga semakin meningkat. Pada 2017 sebanyak 143 video game, pada 2018 sebanyak 225 video game, dan pada 2019 sebanyak 332 video game.

Sedangkan data pada 2020 tidak disebutkan, kemungkinan anjlok akibat pandemi Covid-19 yang turut mewabah di Indonesia.

Buku Game Digital

Di sisi lain, Kominfo bersama Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) dan Asosiasi Game Indonesia (AGI) meluncurkan buku digital berjudul "Peta Ekosistem Industri Game Indonesia 2020".

BACA JUGA: Cara Membuat Teks Miring, Tebal, dan Coret di Aplikasi WhatsApp



Tujuan peluncuran buku digital ini untuk memetakan kondisi terkini dari ekosistem industri game di Indonesia.

Lalu untuk mengidentifikasi tantangan dan peluang ekosistem industri game di Indonesia. Tujuam lainnya adalah agar dapat merekomendasikan kebijakan yang tepat sasaran.

Tujuan terakhir adalah mendorong terciptanya sinergi antara kementerian dan lembaga, untuk memecahkan permasalahan pada ekosistem industri game.
(ysw)
preload video
Komentar Anda
TEKNO UPDATE