Alasan Mi 11 Tetap Gunakan Adaptor Charger Berteknologi GaN di Kotak Pembelian

Rabu, 17 Maret 2021 - 09:33 WIB
loading...
Alasan Mi 11 Tetap Gunakan Adaptor Charger Berteknologi GaN di Kotak Pembelian
Xiaomi Mi 11 dipasarkan dengan travel charger yang menggunakan teknologi Galium Nitride (GaN). Foto: Sindonews/danang arradian
JAKARTA - Flagship pertama dengan Snapdragon 888 di Indonesia, Xiaomi Mi 11 , tidak hanya dijual menggunakan travel charger . Setiap kemasan bahkan dibekali pengisi daya 55W berteknologi Galium Nitride (GaN).

Apa yang dilakukan Xiaomi memang berbeda dengan sejumlah perusahaan lain seperti Samsung dan Apple.

BACA JUGA: Flagship Pertama dengan Snapdragon 888, Ini Spesifikasi Lengkap Xiaomi Mi 11

Model flagship Galaxy S21 dan iPhone 12 sama-sama tidak diberikan adaptor charger di kotak peembeliannya dengan alasan ramah lingkungan. Kedua perusahaan beralasan bahwa pengguna mereka sudah memiliki adaptor charger, sehingga tidak perlu lagi disediakan dalam pembelian.

Alasan Samsung dan Apple melakukan hal tersebut tentu masuk akal. Tapi, sama masuk akalnya dengan Xiaomi yang memutuskan untuk tetap membekali Mi 11 dengan pengisi daya/charger berteknologi GaN.



Alasan Mi 11 Tetap Gunakan Adaptor Charger Berteknologi GaN di Kotak Pembelian

Seperti diketahui, Xiaomi Mi 11 menggunakan baterai 4.600 mAh. Yang unik dan berbeda dengan ponsel flagship lainnya, Mi 11 mendukung teknologi pengisian daya super cepat.

Yakni, 55W untuk pengisian daya dengan kabel, 50W dengan pengisian daya nirkabel, serta 10W untuk mengisi daya perangkat lain secara reverse charging.

Nah, untuk bisa mendapatkan kecepatan pengisian daya hingga 55W itu, maka pengguna harus menggunakan adaptor charger khusus dengan teknologi Galium Nitride (GaN).

GaN (Gallium Nitride) adalah teknologi yang mampu menghantar listrik lebih besar, melepas panas lebih cepat, namun ukurannya lebih ringkas. Travel charger/adaptor charger berteknologi GaN tetap ringkas, tetap tidak panas walau mengantar listrik besar, dan bahkan bisa digunakan untuk mengisi daya beragam perangkan lain. Mulai dari Nintendo Switch, bahkan laptop MacBook.

Menggunakan adaptor charger GaN, baterai 4.600 mAh Xiaomi Mi 11 dapat terisi penuh hanya dalam 45 menit. Cepat sekali! Ini akan memudahkan pengguna saat di perjalanan ataupun aktivitas sehari-hari. Karena baterai Mi 11 tidak butuh waktu lama untuk bisa terisi penuh.



Alasan Mi 11 Tetap Gunakan Adaptor Charger Berteknologi GaN di Kotak Pembelian

Kalaupun pengguna ingin memakai charger nirkabel (wireless), pengisian daya Mi 11 juga tak kalah cepat. Mi 11 mendukung hantaran listrik hingga 50W, sehingga pengisian daya 0-100% dilakukan hanya dalam 53 menit.

Adapun untuk mengisi daya perangkat lain secara reverse charging, Xiaomi Mi 11 bisa mengantar listrik 10W.

Country Director Xiaomi Indonesia Alvin Tse mengatakan, Xiaomi memang mempertimbangkan masalah lingkungan saat memasarkan Xiaomi Mi 11. ”Tapi, yang juga jadi pertimbangan kami adalah para Mi Fans,” ujar Alvin.

BACA JUGA: Mewah dan Canggih, Ini 4 Keunggulan Diler ke-42 Piaggio Indonesia di Depok

”Apakah di pasar sudah banyak tersedia pilihan adaptor charger yang mumpuni atau tidak? Apakah pengguna masih perlu adaptor charger atau tidak? Jika pasar mengatakan sudah cukup, kami bisa saja memasarkan Mi 11 tanpa charger. Sebaliknya, jika belum, kami akan menyediakan charger yang bagus dan berkualitas,” tutup Alvin.
(dan)
preload video
Komentar Anda
TEKNO UPDATE