Mengenal Power Bank dengan Teknologi GaN, Ternyata Ini Keunggulannya!

Rabu, 26 Oktober 2022 - 14:05 WIB
loading...
Mengenal Power Bank dengan Teknologi GaN, Ternyata Ini Keunggulannya!
Teknologi Pengecasan GaN kedepannya akan jadi standar baru dalam teknologi pengecasan. Foto: dok InfinityLab
A A A
JAKARTA - Teknologi Gallium Nitride (GaN) kini semakin banyak digunakan dalam berbagai perangkat pengecasan. Tapi, apa sebenarnya GaN dan seperti apa manfaatnya?

GaN adalah material baru yang menggantikan bahan silikon klasik dalam elektronik. Silikon merupakan konduktor listrik yang baik tetapi tidak secepat dan seefisien GaN.

Karena GaN jauh lebih efektif daripada silikon, charger juga kini dapat berukuran jauh lebih kecil dan lebih efisien karena sedikit energi yang hilang karena panas.

Meski produk GaN charger pertama sudah dikenalkan sejak 2020 lalu, masyarakat Indonesia memang belum terlalu familiar dengan GaN charger.

GaN charger diklaim dapat mengisi daya hingga 3x lebih cepat dari charger biasa. Tapi, juga memberikan pengalaman mengisi daya yang lebih aman. Lebih aman karena GaN merupakan bahan semikonduktor yang memiliki banyak keunggulan dibanding silikon.

Sebab mampu menghantar listrik lebih baik dan kuat menghadapi daya lebih tinggi tanpa menimbulkan panas berlebih.

Mengenal Power Bank dengan Teknologi GaN, Ternyata Ini Keunggulannya!

GaN juga dapat menampung daya yang lebih tinggi dan mengisi daya lebih cepat daripada silikon, sehingga cocok untuk dipasangkan pada perangkat daya fast-charging.

Produk power bank dengan teknologi GaN charger miliki InfinityLab, InstantGo, misalnya, diklaim bisa secara aman mengisi daya hingga tiga perangkat sekaligus dengan satu wireless dan dua kabel.

“Bahkan mampu mengisi daya laptop kecil, hingga 50% hanya dalam 30 menit, dengan waktu pengisian daya 4 jam. Selain teknologi GaN, InstantGo juga dilengkapi Qi wireless charging technology yang tertanam di power bank, yang membuat pengguna tidak lagi memerlukan kabel untuk mengisi daya perangkat mereka sehingga dapat mengisi daya dengan mudah saat bepergian,” tulis keterangan resmi mereka.

InfinityLab InstantGo dipasarkan dalam 2 jenis, InfinityLab InstantGo 10.000 Wireless atau versi dengan Kabel Lightning Built-in 30W PD dan Kabel USB-C Internal 30W PD.



Sementara InfinityLab InstantGo 5.000 Wireless tersedia dengan Kabel Lightning Built-in 18W PD dan Kabel USB-C Built-in18WPD.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2081 seconds (0.1#10.140)