Psikolog Ingatkan Dampak PJJ Bisa Bikin Anak Stres, Jenuh, dan Emosional

Selasa, 09 Maret 2021 - 11:07 WIB
loading...
A A A
Kondisi ini diperburuk dengan tuntutan belajar tinggi, tugas-tugas banyak namun waktu yang tersedia untuk mengerjakan sedikit, serta tidak adanya waktu mengaktualisasikan diri.

Di level ini, Intan menyebut bahwa banyak anak akhirnya merasa jenuh dan lelah. Ini kemudian tidak hanya berdampak pada nilai yang turun, tetapi juga emosi yang tidak terkontrol. Dimana anak mudah marah.

“Nah itulah yang terjadi dengan anak-anak kita saat ini, kalau kita bicara mengenai efek negatif dari PJJ,” tambahnya.

Saat mengaitkan dengan ujian, tekanannya pun menjadi semakin tinggi. Di satu sisi, mereka masih harus beradaptasi. Di sisi lain, ada target-target yang mungkin tetap harus diwujudkan.

Lalu, apa solusinya? Disinilah peran orang tua sangat dibutuhkan. ”Bukan saja sebagai supporter yang memberi dukungan pada anak dalam proses belajar. Juga seseorang yang bisa diajak berdiskusi, menjadi pendengar yang baik, dan tentu saja memberi motivasi,” beber Intan. ”Ada kalanya anak tidak butuh solusi dari kita. Mereka cuma butuh didengarkan," ia melanjutkan Intan.

Oemerhati dunia Pendidikan sekaligus Head of Academic Kelas Pintar Maryam Mursadi mengatakan, meski menyebut demotivasi pada anak saat jelang ujian kerap terjadi, namun bukan berarti tak bisa diatasi apalagi dihindari.

“Demotivasi muncul karena siswa belum siap menghadapi ujian, atau dia tahu dia belum paham atau tidak siap ujian, tapi tidak tahu bagaimana menghadapinya atau mencari jalan keluarnya,” ungkap Maryam. “Inilah mengapa mempersiapkan diri sejak awal sangatlah penting,” ia menambahkan.

Untuk mengatasi permasalahan yang muncul karena PJJ, Kelas Pintar mencoba pendekatan berbeda. Ketika mengajarkan materi secara virtual, wajar jika hanya 40% saja yang dipahami siswa. Misalnya koneksi yang terputus atau sebab lainnya.

Karena itu, menurut Maryam, siswa perlu memperpanjang waktu belajarnya. Sebagai contoh, ketika terlewat atau belum paham materi pelajaran tertentu, menggunakan fitur Guru dari Kelas Pintar siswa bisa mendapat penjelasan menyeluruh.

Pun demikian ketika siswa kurang paham dengan soal latihan yang diberikan oleh guru di sekolah, fitur Tanya dari Kelas Pintar, ada untuk menjawab setiap soal yang ditanyakan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2825 seconds (0.1#10.140)