Psikolog Ingatkan Dampak PJJ Bisa Bikin Anak Stres, Jenuh, dan Emosional

Selasa, 09 Maret 2021 - 11:07 WIB
loading...
Psikolog Ingatkan Dampak PJJ Bisa Bikin Anak Stres, Jenuh, dan Emosional
PJJ bisa mendatangkan banyak tekanan pada siswa, terlebih saat menghadapi ujian. Foto: dok kelas pintar
A A A
JAKARTA - Kemendikbud mengungkap dampak pembelajaran jarak jauh (PJJ) adalah adanya tekanan psikologis pada anak. Tekanan itu bisa berupa stres lantaran minimnya interaksi dengan guru, teman dan lingkungan, juga tekanan akibat sulitnya/tantangan pembelajaran jarak jauh itu sendiri.

Bagi anak yang cepat atau mudah beradaptasi, PJJ mungkin bukan masalah. Sebaliknya, bagi anak yang sulit atau tidak cepat beradaptasi, ketidaksiapan menghadapi ujian ketidaksiapan menghadapi ujian.



Bukan saja membuat anak kurang termotivasi belajar, juga stres karena memiliki target tinggi tetapi bingung mencapainya karena tidak ada guru yang mendampingi secara fisik.

Lantas, bagaimana caranya agar psikologi anak tetap stabil/terjaga selama pembelajaran jarak jauh? Termasuk juga menjaga agar tetap stabil menjelang ujian sekolah?

Setelah pandemi, pembelajaran dilakukan dari rumah, jarak jauh, sehingga rangkaian prosedur belajar yang dilakukan pun ikut berubah. Lebih banyak mandiri. Kalaupun ada belajar berkelompok, dilakukan virtual. Peran guru dalam proses pembelajaran pun demikian, menjadi sangat berkurang. Sebagai gantinya, orang tua mengambil alih.

Psikolog Ingatkan Dampak PJJ Bisa Bikin Anak Stres, Jenuh, dan Emosional

”Dari sini, berbagai tekanan psikologis mulai berdatangan. Pada level tertentu, bahkan membuat anak menjadi kurang termotivasi dalam aktivitas pembelajaran,” beber Psikolog Intan Erlita, M.Psi, dalam acara Podcast Telset TV.

Menurutnya, ini tak lepas dari kedudukan anak itu sendiri sebagai makhluk sosial. ”Mereka butuh berinteraksi dan bersosialisasi dengan orang lain. Bukan saja orang tua, tetapi juga teman seusianya, gurunya dan lingkungannya,” ujar Intan.

Menurut Intan, anak-anak baik TK, SD, SMP, maupun SMA, butuh kontak atau sosialisasi cukup tinggi. Dimana mereka belajar mengenali lingkungan, belajar ngobrol dengan guru, orang yang lebih tua, serta bagaimana beradaptasi dengan teman-teman seumurannya.

”Pandemi ini membuat mereka kehilangan masa-masa yang dikatakan sebagai hubungan manusianya itu. Hubungan bagaimana dia beradaptasi. Nah ini menimbulkan stres tersendiri,” jelas Intan.

Kondisi ini diperburuk dengan tuntutan belajar tinggi, tugas-tugas banyak namun waktu yang tersedia untuk mengerjakan sedikit, serta tidak adanya waktu mengaktualisasikan diri.

Di level ini, Intan menyebut bahwa banyak anak akhirnya merasa jenuh dan lelah. Ini kemudian tidak hanya berdampak pada nilai yang turun, tetapi juga emosi yang tidak terkontrol. Dimana anak mudah marah.

“Nah itulah yang terjadi dengan anak-anak kita saat ini, kalau kita bicara mengenai efek negatif dari PJJ,” tambahnya.

Saat mengaitkan dengan ujian, tekanannya pun menjadi semakin tinggi. Di satu sisi, mereka masih harus beradaptasi. Di sisi lain, ada target-target yang mungkin tetap harus diwujudkan.

Lalu, apa solusinya? Disinilah peran orang tua sangat dibutuhkan. ”Bukan saja sebagai supporter yang memberi dukungan pada anak dalam proses belajar. Juga seseorang yang bisa diajak berdiskusi, menjadi pendengar yang baik, dan tentu saja memberi motivasi,” beber Intan. ”Ada kalanya anak tidak butuh solusi dari kita. Mereka cuma butuh didengarkan," ia melanjutkan Intan.

Oemerhati dunia Pendidikan sekaligus Head of Academic Kelas Pintar Maryam Mursadi mengatakan, meski menyebut demotivasi pada anak saat jelang ujian kerap terjadi, namun bukan berarti tak bisa diatasi apalagi dihindari.

“Demotivasi muncul karena siswa belum siap menghadapi ujian, atau dia tahu dia belum paham atau tidak siap ujian, tapi tidak tahu bagaimana menghadapinya atau mencari jalan keluarnya,” ungkap Maryam. “Inilah mengapa mempersiapkan diri sejak awal sangatlah penting,” ia menambahkan.

Untuk mengatasi permasalahan yang muncul karena PJJ, Kelas Pintar mencoba pendekatan berbeda. Ketika mengajarkan materi secara virtual, wajar jika hanya 40% saja yang dipahami siswa. Misalnya koneksi yang terputus atau sebab lainnya.

Karena itu, menurut Maryam, siswa perlu memperpanjang waktu belajarnya. Sebagai contoh, ketika terlewat atau belum paham materi pelajaran tertentu, menggunakan fitur Guru dari Kelas Pintar siswa bisa mendapat penjelasan menyeluruh.

Pun demikian ketika siswa kurang paham dengan soal latihan yang diberikan oleh guru di sekolah, fitur Tanya dari Kelas Pintar, ada untuk menjawab setiap soal yang ditanyakan.

“Berdasarkan data, menjelang ujian, baik itu saat jelang PTS (Penilaian Tengah Semester) maupun PAS (Penilaian Akhir Semester), aktivitas siswa di aplikasi Kelas Pintar sangat meningkat. Misalnya di Tanya, begitu sesi dibuka, langsung pertanyaan itu berdatangan. Baik pada sesi pagi dari pukul 09.00 – 12.00 maupun sesi malam dari pukul 18.00 – 21.00,” ungkap Maryam.

Dengan demikian, belajar selama PJJ tidak akan menjadi beban, karena didukung dan difasilitasi, bukan saja oleh orang tua, ataupun lingkungan, tetapi juga platform yang tepat.



“Kami pun di Kelas Pintar selalu mencoba untuk mengetahui kebutuhan dan keinginan siswa. Bahwa siswa membutuhkan materi pembelajaran yang jelas dan lengkap, bervariasi serta relevan dengan kondisi mereka,” pungkas Maryam.

Menurut Maryam, sisi positif dari PJJ adalah siswa berlatih untuk menjadi pembelajar yang mandiri. Dimana karena keterbatasan interaksi dengan guru di sekolah, mereka mau tidak mau mencari tahu sendiri materi yang belum mereka pahami dari sumber lain.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1987 seconds (0.1#10.140)