Kesan Pertama Saya Tentang Clubhouse, Jejaring Sosial yang Lagi Hype itu

Senin, 15 Februari 2021 - 13:05 WIB
loading...
A A A
Setelah siniar itu selesai, ruang percakapan pun ikut hilang. Banyak yang merekam diskusi/siniar tersebut di platform lain seperti YouTube agar bisa dinikmati.

Siapa yang bisa menggunakan Clubhouse? Sayangnya, untuk sementara aplikasi tersebut hanya tersedia untuk iOS atau iPhone saja. Belum tersedia untuk pengguna Android.

Mengapa Disukai Artis/Selebritis/Influencer?
Pada intinya, warganet di seluruh dunia saat ini sudah terbiasa dengan berbicara secara online dan terbiasa pula mendengarkan siniar/podcast. Karena itu, mereka butuh platfrom sosial media yang mudah, sederhana, dan mampu mengekskalasi diskusi lewat voice/suara. Clubhouse menjawab hal tersebut.

Pada Desember 2020, pengguna Clubhouse sudah mencapai 600 ribu. Memang tidak besar. Dan sepertinya, alih-alih mengejar jumlah pengguna yang masif seperti Facebook, seperti Quora, Clubhouse ingin menyaring pengguna yang “berkualitas”. Artinya, mereka yang ingin mendapat value berupa ilmu, atau jejaring.

Selain itu, langkah hanya eksklusif di iOS juga menegaskan langkah tersebut. Agaknya Clubhouse berharap bahwa ”hype” mereka tidak menjadi one hit wonder. Artinya, setelah populer lantas hilang.

Strateginya, setelah solid di iOS dan membuat banyak orang penasaran, mereka baru membuka aplikasi tersebut di Android.

Langkah ini bisa jadi berhasil karena sudah banyak public figure dan selebriti di Amerika yang ikut bergabung. Mulai dari rapper Drake, aktor Jared Leto, hingga komedian Kevin Hart. Termasuk juga Elon Musk.

Perlukah Anda Join Clubhouse?
Ketika Sindonews memantau Clubhouse, ternyata sudah cukup banyak diskusi yang dibuat oleh pengguna lokal. Pagi tadi, oborolan menarik yang Sindonews ikuti adalah “Senin Sibuk”. Diskusinya cukup menarik dan seru.

Melihat karakter pengguna di Indonesia, jika Clubhouse mendapatkan momentum bisa jadi aplikasi itu akan sukses. Lalu, banyak orang mulai join. Apalagi setelah aplikasi Android nanti sudah dibuka.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2345 seconds (0.1#10.140)