Keamanan Data Kunci Sukses Menjaga Bisnis dan Reputasi Perusahaan

Minggu, 17 Mei 2020 - 16:33 WIB
loading...
A A A
2. Menerapkan Enkripsi data dengan autentikasi yang canggih agar data yang sedang berada dalam storage (Data-At-Rest) tidak dapat disadap/diambil (bocor) oleh yang tidak berwenang.

Berdasarkan statusnya, data dikategorikan menjadi tiga jenis:

1. Data in Transit (bergerak)

Data yang sedang dipertukarkan dari tempat satu ke tempat lain, dari user ke server dan sebaliknya, dalam jaringan. Pengamanannya secara umum adalah dengan menggunakan SSL, atu VPN/IpSec.

2. Data In Use

Data yang sedang dimanipulasi oleh komputer, seperti data yang ada di memori; di cache, di queue, di heap maupun di stack. Data ini cenderung berupa plaintext dan tidak dapat diambil atau diintip karena dalam proses yang sedang berjalan. Meski demikian ada metode cracking khusus yang dapat mengambil Data In Use ini. Secara umum, data ini tidak dienkripsi, dan biasanya sistem menerapkan memory proteksi agar data tersebut tidak dapat diakses oleh yang tidak berhak. Memory proteksi ini tergantung pada fitur prosesor atau sistem operasi.

3. Data at Rest (diam).

Data yang disimpan pada storage seperti: filesystem, media usb, dan Database Server. Data ini diamankan dengan cara Enkripsi, dan membutuhkan mekanisme manajemen kunci yang baik agar tetap aman.

Data adalah harta terpenting dalam perusahaan finansial, sehingga pengamanan data mutakhir adalah wajib, memastikan tingkat keamanan tertinggi dan tetap dapat terkelola dengan baik. Semakin perusahaan menghargai nasabahnya, makin tinggi standar keamanan yang digunakan untuk mengamankan data at rest, data in use, maupun data in transit.

Umumnya pengamanan dilakukan dengan metode enkripsi yang akan menjadikan data tersebut tampil dalam bentuk scrambled sehingga menjadi tak memiliki arti.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1773 seconds (0.1#10.140)