Laptop vs Tablet untuk Belajar Online dan Bekerja di Rumah, Mana yang Lebih Unggul?

Senin, 07 Desember 2020 - 14:20 WIB
loading...
Laptop vs Tablet untuk...
Dengan sedikit tambahan aksesori seperti keyboard Bluetooth, kenyamanan bekerja di tablet bisa mendekati laptop sambil tetap unggul dalam hal kepraktisan dan baterai yang tahan lama.
A A A
JAKARTA - Batasan antara tablet dan laptop saat ini semakin tipis. Bisakah tablet seperti Samsung Galaxy Tab A7 menggantikan fungsi-fungsi laptop untuk berkegiatan selama work from home atau school from home?

Zoom Meeting dan Belajar Online
Laptop vs Tablet untuk Belajar Online dan Bekerja di Rumah, Mana yang Lebih Unggul?

Pengalaman Sindonews saat melakukan Zoom meeting dan sekolah online menggunakan Galaxy Tab A7 ternyata sangat menyenangkan. Bahkan, lebih nyaman dibanding laptop. Kamera depan 5MP tajam dan jelas. Quad speaker stereo juga terasa kencang saat Webinar atau melakukan sekolah online.

Praktisnya lagi, dengan dimensi kompak dan berat 477 gram, Galaxy Tab A7 lebih mudah dipindah-pindah dibanding laptop. Misalnya ingin berganti suasana belajar dari ruang keluarga ke meja belajar. Layar 10,4” 2000 x 1200 (WUXGA+) IPS LCD juga jauh lebih nyaman digunakan untuk belajar online secara marathon dalam waktu lama dibanding layar smartphone yang kecil. Tidak perlu juga harus selalu membawa-bawa kabel, lantaran baterai 7.040 mAh juga tahan lama.

Fleksibel, Bikin Konten dan Akses Hiburan
Laptop vs Tablet untuk Belajar Online dan Bekerja di Rumah, Mana yang Lebih Unggul?

Salah satu keunggulan Galaxy Tab A7 dibanding laptop adalah kemampuan perangkat tersebut untuk membuat konten dan mengakses hiburan. Usai melakukan sekolah online di Zoom, anak-anak dapat langsung mengerjakan tugas, memotret tulisan yang sudah dikerjakan di lembar kerja siswa, membuat video lewat kamera utama 8 MP dengan autofocus, serta langsung mengunggahnya ke aplikasi Edmodo.

Di waktu senggang, tablet juga lebih luwes saat digunakan untuk menonton video Disney+ Hotstar dan Netflix, memainkan gim edukatif, juga memainkan berbagai gim dengan dukungan chip Qualcomm Snapdragon 662.

Baterai besar

Soal mobilitas, ternyata baterai besar 7.040 mAh Galaxy Tab A7 yang sudah mendukung fast charging 15W punya pengaruh besar soal kenyamanan bekerja maupun bermain. Ukuran yang lebih ringkas dibanding laptop, membuat Sindonews hanya perlu membawa tas selempang ketika ingin bekerja di restoran atau café. Bandingkan dengan membawa backpack untuk menggendong laptop 14 inci.

Juga, Sindonews tidak perlu khawatir kehabisan baterai karena daya tahan baterai tablet ini terbilang jempolan. Di café, tidak perlu ribet mencari-cari colokan. Toh, ada powerbank yang siap mengisi daya.

Kesimpulan
Laptop vs Tablet untuk Belajar Online dan Bekerja di Rumah, Mana yang Lebih Unggul?

Apakah Galaxy Tab A7 bisa menggantikan laptop untuk bekerja atau sekolah online? Jawabannya, adalah ya. Bahkan, tablet memberi banyak sekali keunggulan dibanding laptop dengan harga setara (Rp5 jutaan). Mulai ukuran lebih ringkas, kamera utama lebih baik, speaker kencang, daya tahan baterai lebih lama, layar lebih tajam, serta fleksibilitas fungsi untuk mengakses hiburan (selain pekerjaan).

Secara kenyamanan, tentu mengetik dan bekerja di laptop tetap lebih nyaman. Tapi, dengan sedikit tambahan aksesori seperti keyboard Bluetooth, pengguna bisa mendapat kenyamanan bekerja mendekati laptop, tapi dengan semua keunggulan yang dimiliki tablet.
(dan)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3005 seconds (0.1#10.140)