Kacamata Pintar Orion Meta, Kecanggihannya Bakal Saingi Smartphone

Sabtu, 28 September 2024 - 19:00 WIB
loading...
Kacamata Pintar Orion...
Orion memiliki lensa yang dapat menampilkan pesan teks, panggilan video, dan bahkan video YouTube. Foto/Bloomberg
A A A
JAKARTA - Meta Platforms Inc. merilis kacamata augmented reality pertamanya. Kehadirannya diprediksi bakal menyaingi ponsel pintar .

Perangkat dari pabrikan bos Facebook Mark Zuckerberg ini menggabungkan dunia digital dan fisik, sebuah langkah kunci menawarkan alternatif pengganti ponsel.

Bloomberg melansir, Sabtu (28/9/2024) tampilan Orion seperti kacamata baca hitam tebal, tetapi memiliki lensa yang dapat menampilkan pesan teks, panggilan video, dan bahkan video YouTube ke bidang penglihatan pengguna. Meski masih prototipe yang tidak dijual, tetapi unit pertama akan digunakan secara internal di Meta untuk pengujian dan peningkatan produk.

Kacamata Orion juga terintegrasi dengan gelang yang mendeteksi stimulasi saraf dan kamera. Sinyalnya terpasang di bingkai yang melacak pergerakan mata memungkinkan pemakai Orion untuk melakukan "klik" atau "gulir" pada tampilan hanya dengan menggunakan tangan.

Chief Technology Officer Meta Andrew Bosworth berharap kacamata tersebut akan menjadi produk konsumen dalam dekade berikutnya. "Dua model berikutnya sedang dalam pengerjaan," ujarnya.



Perusahaan terlebih dulu ingin menetapkan harga kacamata sehingga tidak hanya konsumen menggunakannya, tetapi pengembang ingin mengembangkannya. Kacamata tersebut mewakili hampir satu dekade kemajuan teknologi dan investasi keuangan yang signifikan di Meta. Mereka juga menawarkan sekilas tentang visi Zuckerberg untuk masa depan teknologi, yang telah menghabiskan puluhan miliar dolar bagi perusahaan hanya dalam empat tahun terakhir.

Meta sudah menjual kacamata pintar bermerek Ray-Ban yang dilengkapi dengan kamera dan speaker. Tetapi Zuckerberg meyakini kacamata AR akan menjadi semacam komputer mobile bebas tangan yang suatu hari dapat menyaingi smartphone sebagai cara yang lebih disukai untuk berkomunikasi dan berinteraksi secara online.

Jika kacamata pintar akhirnya menjadi mainstream, Meta berharap menjadi pemain utama dalam industri baru tersebut, yang juga akan membantu perusahaan mengurangi ketergantungannya pada pesaing seperti Apple Inc. dan Google milik Alphabet Inc. untuk mengirimkan produknya kepada konsumen.

"Hal-hal ini terjadi perlahan dan kemudian semuanya sekaligus. Ketika Anda dapat menggantikan kasus penggunaan yang ada, orang dapat beralih dengan sangat cepat. Hal-hal seperti menggunakan kacamata augmented reality untuk menggantikan ponsel, itu akan memakan waktu lebih lama," kata Bosworth dalam wawancara Bloomberg TV."
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2294 seconds (0.1#10.140)