Dimata-matai Google Lewat Ponsel Pintar, Ini Cara untuk Menghentikannya

Minggu, 28 November 2021 - 08:00 WIB
loading...
Dimata-matai Google Lewat Ponsel Pintar, Ini Cara untuk Menghentikannya
Google akan terus memantau penggunanya selama mengaktifkan berbagai aplikasi yang ada di Google. Foto/IST
JAKARTA - Penggunaan aplikasi Google di ponsel pintar bukan hal asing yang dilakukan banyak orang. Pencarian berita, penggunaan email dari Google hingga mencari alamat dan rute jalan melalui Google adalah hal yang selalu dilakukan setiap orang.

Namun tidak semua orang tahu penggunaan aplikasi itu justru akan membuat Anda terus dipantau oleh Google. Kemana pun Anda bepergian dan berinteraksi akan terus diawasi oleh Google.

Hal itu memang bukan isu semata pasalnya berdasarkan investigasi yang dilakukan pada 2018 yang dilakukan Associated Press menyebutkan Google tetap bisa memantau pergerakan Anda 24 jam meski telah mematikan riwayat lokasi. Hal itu terjadi karena deteksi masih bisa dilakukan melalui penggunaan aplikasi dan aktivitas web yang ada di ponsel pintar Anda.

Baca juga : Kerja dari Mobil, Nissan Bikin Elgrand Jadi Ruang Rapat Virtual Berjalan



"Google menyebutkan informasi itu hanya jadi database buat Google dan tidak akan digunakan untuk kepentingan pihak ketiga atau pengiklan," tulis CNET.

Hanya saja jika Anda merasa keberatan dengan pantauan Google, Anda bisa melakukan cara ini untuk menghentikannya, cermati:

1. Buka Google.com di desktop atau ponsel pintar Anda.
2. Di ujung atas sebelah kanan, masuk ke dalam akun Google milik Anda, jika Anda memang belum masuk.
3. Pilih opsi "Manage Your Google Account".
4. Setelahnya pilih opsi "Privacy & Personalization" dan tekan pilihan "Manage Your Data & Personalization".
5. Gulir ke bawah hingga ke opsi Activity Control dan pilih "Manage Your Activity Control".
6. Di bagian itu Anda akan melihat opsi "Web & App Activity". Anda bisa memilih untuk mematikannya dengan memilih opsi "OFF".
7. Jika setelah selesai mematikan, Anda akan mendapatkan pengumuman yang memastikan Anda tahu ada beberapa hal yang terjadi jika posisi "OFF" dipilih.
8. Selesai dan selamat mencoba.

Baca juga : Benarkah Matahari Terbit dari Barat Tanda itu Tanda Kiamat, Ini Jawaban NASA

Perlu Anda ketahui menonaktifkan setelan ini mencegah Google menyimpan penanda lokasi yang terkait dengan tindakan tertentu dan menghentikan penyimpanan informasi yang dikumpulkan dari penelusuran atau aktivitas lainnya. Jadi jika Anda ingin menggunakan lagi rute peta yang pernah Anda gunakan, otomatis Anda harus melakukannya lagi dari awal.Begitu juga dengan pencarian-pencarian tempat serta informasi yang Anda lakukan bersama Google.
(wsb)
Komentar Anda
TEKNO UPDATE