Penggunaan Teknologi Digital Usai Pandemi Covid-19 Ubah Sistem Kerja

Jum'at, 22 Maret 2024 - 19:00 WIB
loading...
A A A
Pemerintah juga baru-baru ini menyoroti efektivitas model asinkron. Pada bulan Februari, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian mengonfirmasi bahwa Program Prakerja Pemerintah Indonesia akan berkolaborasi dengan lebih banyak pihak untuk memberikan berbagai pelatihan berkualitas yang relevan dengan kebutuhan pasar kerja.

Mereka juga meningkatkan kualitas program dengan menambahkan pelatihan moda asinkron, yaitu model Self-Paced Learning (SPL).

Para pemimpin bisnis sering kali mengungkapkan kekhawatiran tentang berkurangnya kreativitas saat menerapkan pendekatan asinkron.

Tidak adanya interaksi spontan, seperti obrolan santai atau panggilan dadakan, mungkin tampak menghambat munculnya ide. Namun, hal ini bukanlah kelemahan yang melekat pada kolaborasi asinkron, melainkan sebuah tantangan yang dapat diatasi dengan alat dan pola pikir yang tepat.

Keberhasilan penerapan kolaborasi asinkron di Indonesia bergantung pada rasa percaya. Model kerja ini menciptakan budaya percaya antar anggota tim karena setiap anggota tim bertanggung jawab mengatur beban kerja dan jadwalnya sendiri. Kebebasan dan tanggung jawab yang diberikan menumbuhkan akuntabilitas dan rasa kepemilikan serta menjadikan karyawan lebih terlibat dan puas.

Pekerjaan asinkron dibangun dengan komunikasi yang mudah ditinjau kembali – email, rekaman video, dokumen, dan banyak lagi.

Adanya arsip tertulis atau dokumentasi menghilangkan kekhawatiran akan kehilangan jejak percakapan masa lalu atau yang sedang berlangsung. Oleh karena itu, dokumentasi yang jelas, konsisten, dan diperbarui sangat penting untuk pekerjaan asinkron karena memastikan adanya informasi yang dapat diakses dengan mudah. Hal ini tidak hanya membuat proyek berjalan lancar, namun juga mendorong kemandirian dan inklusi di seluruh lini organisasi.

Remote telah memupuk budaya perusahaan yang kuat dan mencapai daya saing global melalui komitmen untuk mendefinisikan ulang paradigma kerja tradisional. Dengan menerapkan pekerjaan asinkron, perusahaan dapat membuka peluang sukses di luar negeri. Remote bahkan memiliki satu bab khusus tentang pekerjaan asinkron di buku pegangan kami yang dapat diakses oleh publik.

Marcelo Lebre, Presiden & Rekan Pendiri Remote, berpendapat bahwa dengan menerima perubahan dan menerapkan proses yang efektif, bisnis di Indonesia dapat berkembang di tempat kerja yang dinamis.

Peralihan ke kolaborasi asinkron memberikan peluang bagi dunia usaha untuk meningkatkan produktivitas, memanfaatkan talenta global, dan menciptakan lingkungan kerja yang lebih sehat. Dengan menerima perubahan ini dan menerapkan proses yang efektif, dunia usaha di Indonesia dapat berkembang di tempat kerja yang dinamis.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3652 seconds (0.1#10.140)