8 Tips Mengisi Daya Ponsel Cepat Penuh

Kamis, 25 Januari 2024 - 07:58 WIB
loading...
8 Tips Mengisi Daya Ponsel Cepat Penuh
Mengisi daya ponsel terkadang membutuhkan waktu yang lama. (Foto: Slash Gear)
A A A
JAKARTA - Di era yang serba digital seperti sekarang, memiliki ponsel yang siap digunakan menjadi suatu keharusan. Tentu saja hal tersebut memerlukan tipsmengisi daya ponsel cepat penuh.

Ponsel saat ini menjadi salah satu perangkat yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Lantaran fungsi ponsel sangat vital untuk berbagai keperluan, mulai dari berkomunikasi, bekerja, bersosialisasi hingga hiburan. Oleh karena itu, penting untuk menjaga daya baterai ponsel agar selalu terisi penuh.

Namun, mengisi daya ponsel terkadang membutuhkan waktu yang lama, terutama jika kita sedang terburu-buru.

Berikut 8 tips mengisi daya ponsel agar lebih cepat penuh:

1. Gunakan Charger Original


Hal pertama yang sering terlupakan, yaitu menggunakan charger asli yang disediakan oleh pabrikan. Meskipun banyak charger kompatibel, penggunaan charger asli untuk memastikan daya yang diterima sesuai dengan kebutuhan perangkat, sehingga dapat mengisi daya dengan lebih cepat dan aman.


2. Matikan Ponsel saat Isi Daya


Ketika ponsel dimatikan, maka tidak ada aktivitas yang berjalan, sehingga pengisian daya akan berjalan lebih cepat. Menonaktifkan semua fungsi dan aplikasi membuat daya yang disalurkan ke baterai dapat diarahkan sepenuhnya ke proses pengisian sehingga mempercepat waktu yang diperlukan untuk mendapatkan ponsel kembali ke performa penuh.

3. Pastikan Suhu Ponsel Normal


Suhu yang tinggi pada ponsel dapat menghambat proses pengisian daya. Hal tersebut dikarenakan ponsel cenderung bekerja lebih baik ketika suhunya normal. Oleh karena itu, ketika melakukan pengisian daya sebaiknya pastikan suhu ponsel berada dalam suhu normal dengan cara meletakkan perangkat di tempat yang sejuk.

4. Gunakan Sumber Langsung dari Stop Kontak


Penting untuk diingat bahwa arus listrik yang tidak stabil dapat mengakibatkan pengisian daya ponsel menjadi lambat. Oleh karena itu, untuk memastikan pengisian daya optimal, pastikan selalu menyambungkan ponsel ke sumber listrik yang menyediakan arus listrik stabil dan menghasilkan listrik yang cukup seperti stop kontak.

5. Manfaatkan Fitur Fast Charging


Jika perangkat mendukung fitur fast charging, ini menjadi solusi tepat untuk memaksimalkan proses pengisian daya ponsel. Dengan fitur ini, pengguna dapat mengisi daya perangkat dengan lebih cepat, sehingga tidak perlu menunggu lama untuk dapat menggunakannya kembali.

6. Hindari Mengisi Daya dari Laptop


Cara selanjutnya dengan menghindari pengisian daya melalui port USB pada laptop atau komputer karena dapat memperpanjang waktu pengisian daya. Sebaiknya, pilihlah pengisian daya menggunakan adaptor yang langsung terhubung ke sumber listrik agar baterai dapat mengisi daya lebih cepat dan mencegah potensi risiko kerusakan pada ponsel.


7. Aktifkan Mode Pesawat


Jika enggan mematikan ponsel saat pengisian daya, alternatifnya dengan mengaktifkan Mode Pesawat. Ponsel akan secara otomatis terputus dari koneksi internet dan sinyal operator, sehingga dapat meningkatkan efisiensi pengisian daya dan mempercepat prosesnya.

8. Gunakan Adapter Fast Charging


Ketika akan mengisi daya ponsel, pengguna dapat memanfaatkan kecepatan pengisian daya dengan menggunakan adaptor yang dilengkapi teknologi fast charging . Namun, penting untuk diingat penggunaan adaptor fast charging akan lebih efektif apabila ponsel dan kabel yang digunakan juga mendukung adapter ini.

MG/Dinda Amelia Putri
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2018 seconds (0.1#10.140)