Cara Mengatasi Fast Charging pada HP Tidak Berfungsi

Kamis, 11 Mei 2023 - 16:47 WIB
loading...
Cara Mengatasi Fast Charging pada HP Tidak Berfungsi
Cara mengatasi fast charging pada HP Tidak berfungsi penting untuk dipahami. Foto: ist
A A A
JAKARTA - Cara mengatasi fast charging pada HP tidak berfungsi penting untuk disimak. Tentu saja, jangan sampai pengguna tidak bisa mengoptimalkan fitur yang sangat populer ini.

Pengisian cepat ( fast charging ) pada ponsel memang jadi fitur yang sangat dibutuhkan. Sebab, menawarkan banyak sekali benefit.

Fast charging dapat mengisi baterai ponsel lebih cepat daripada pengisian biasa. Ini memungkinkan Anda untuk mengisi daya ponsel Anda dalam waktu singkat dan menghemat waktu.

Karena waktu pengisian cepat lebih singkat, pengguna dapat mengurangi waktu ketika ponsel tidak dapat digunakan. Pengguna bisa mengisi daya ponsel saat bekerja atau melakukan aktivitas lain dengan waktu yang sangat singkat.

Kebanyakan ponsel saat ini sudah dilengkapi teknologi pengisian cepat. Anda dapat menggunakan kabel dan adaptor pengisian cepat yang sudah disediakan atau membeli produk pengisian cepat dari pihak ketiga.

Nah, bagaimana jika sewaktu-waktu fast charging di HP Anda tidak berfungsi? Nah, ini beberapa cara yang dapat Anda coba untuk mengatasi fast charging HP yang tidak berfungsi:

1. Periksa kabel charger dan adaptor daya

Cara Mengatasi Fast Charging pada HP Tidak Berfungsi

Pastikan kabel dan adaptor yang Anda gunakan kompatibel dengan ponsel Anda dan bekerja dengan baik. Jika kepala charger/travel charger tidak mendukung fast charging, besar kemungkinan fitur tersebut tidak berfungsi. Jika kabel atau adaptor rusak, ganti dengan yang baru.

2. Bersihkan port pengisian

Port pengisian pada ponsel dapat terisi dengan debu atau kotoran, yang dapat mengganggu pengisian cepat. Bersihkan port dengan hati-hati menggunakan benda yang tidak berbahaya seperti tusuk gigi atau cotton bud.

3. Nonaktifkan aplikasi

Beberapa aplikasi mungkin dapat mempengaruhi pengisian cepat pada HP Anda. Nonaktifkan aplikasi yang tidak diperlukan atau aplikasi yang memerlukan banyak daya selama pengisian.

4. Matikan ponsel saat mengisi daya

Mematikan ponsel saat mengisi daya dapat membantu mempercepat pengisian baterai dan menghindari overheating.


5. Reset ponsel

Cobalah mereset ponsel Anda ke pengaturan pabrik untuk mengatasi masalah pengisian cepat yang tidak berfungsi. Pastikan untuk mengambil cadangan data penting Anda sebelum mereset ponsel.

6. Periksa baterai

Jika semua upaya di atas tidak berhasil, masalah mungkin terletak pada baterai ponsel. Baterai yang rusak atau tidak berfungsi dengan baik dapat menghambat pengisian cepat. Jika ponsel masih dalam garansi, hubungi produsen atau penyedia layanan untuk mendapatkanbantuan.
(dan)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2024 seconds (0.1#10.140)
pixels