Tips Memilih Power Bank Fast Charging, Pastikan Output-nya Tidak Kurang dari 15 Watt

Kamis, 16 November 2023 - 13:59 WIB
loading...
Tips Memilih Power Bank Fast Charging, Pastikan Output-nya Tidak Kurang dari 15 Watt
Power bank tak hanya sebagai bank daya, tapi kini sudah dilengkapi sejumlah fitur menarik. (Foto: MNC)
A A A
JAKARTA - Sebelum membeli, yuks kepoin tips memilih power bank fast charging yang benar. Jangan sampai salah beli dan bahkan tertipu.

Power bank adalah alat pengisi daya perangkat yang digunakan ketika berada di luar atau tidak bisa menjangkau listrik. Dapat dibilang bahwa power bank berfungsi sebagai baterai cadangan . Untuk bisa menggunakannya, Anda juga perlu melakukan pengisian daya pada power bank.

Belakangan, power bank tak hanya sebagai bank daya. Power bank kini sudah dilengkapi dengan sejumlah fitur menarik .

Beberapa hal yang perlu diperhatikan saat memilih power bank adalah kapasitas, daya hantar, hingga waktu charging yang dibutuhkan. Selengkapnya, simak pembahasan berikut ini.

Memilih Power Bank Fast Charging

1. Pastikan Output Power Bank Support dengan Perangkat


Port pada power bank memengaruhi kenyamanan penggunaannya. Maka dari itu, periksalah jenis dan jumlah input port serta output port dari power bank.

Ada tiga jenis port yang umum pada power bank, yakni USB-A output, micro-USB dan USB-C. Jika Anda menggunakan lebih dari satu gadget, pilihlah produk dengan dua output agar Anda dapat mengecas dua gadget bersamaan. Tipe output port yang umum pada power bank adalah USB-A dan USB-C. Pastikanlah apakah fitur fast charging ada di kedua output atau hanya salah satunya.

2. Periksa Daya Output dan Kecepatan Charging


Daya hantar power bank fast charging berbeda-beda. Ada produk dengan output 18 watt, 30 watt, dan bahkan ada yang 100 watt. Makin besar daya output-nya, proses charging jadi lebih cepat. Daya output yang besar juga memungkinkan Anda mengecas perangkat selain smartphone, seperti laptop dan notebook. Pastikan daya hantar power bank ke perangkatmu tidak kurang dari 15 watt.

3. Periksa Kapasitas Power Bank


Umumnya, power bank fast charging memiliki kapasitas mulai dari 5.000 mAh, 20.000 mAh, hingga 30.000 mAh. Kapasitas power bank yang besar memungkinkan Anda mengecas baterai HP beberapa kali. Power bank berkapasitas besar memiliki bentuk besar, waktu charging yang lama, dan harga yang lebih tinggi.

Power bank berkapasitas 5.000 mAh cukup untuk mengecas smartphone dengan baterai 3.500 mAh satu kali hingga penuh. Jika Anda jarang menggunakan power bank, kapasitas yang kecil sudah mencukupi. Sebaliknya, pilihlah power bank berkapasitas besar untuk penggunaan yang lebih intens.

4. Cek Fitur Power Bank


Saat ini banyak power bank yang dilengkapi fitur menarik seperti wireless charging, power delivery dan smart protection. Untuk kemudahan dan kenyamanan menggunakan power bank, periksalah fitur-fitur yang tersedia.

Fitur QI atau wireless charging memungkinkan Anda mengisi daya tanpa harus memakai kabel. Cukup dengan menempelkan smartphone ke atas power bank, dayanya akan otomatis terisi. Sayangnya, tidak semua smartphone mendukung fitur wireless charging. Harga power bank dengan fitur ini juga cukup tinggi.

Sementara, fitur power delivery mampu mengirimkan daya lebih besar lewat konektor USB-C, bahkan hingga 100 watt! Power bank dengan fitur ini mampu mengisi daya perangkat besar seperti laptop dan kamera. Jika Anda menggunakan peralatan tersebut, pertimbangkan fitur ini.

5. Pertimbangkan Durasi Pengisian Daya Power Bank


Terakhir, jangan lupa juga untuk mengecek berapa lama waktu yang dibutuhkan dalam mengecas power bank hingga penuh. Ada produk dengan waktu charging 1,5 jam, 3 jam, dan ada juga yang 9 jam. Biasanya makin besar kapasitas power bank, makin lama juga waktu yang dibutuhkan untuk mengecasnya hingga penuh. Pilihlah power bank dengan kapasitas dan waktu charging paling efisien menurut Anda.

Itulah tips memilih power bank fast charging. Dapatkan produk fast charging berkualitas di AladinMall . Nikmati diskon 56% + Gratis Ongkir tanpa batas. Nikmati promo belanja hemat lainnya dengan cara men-download aplikasi AladinMall di Play Store dan App Store .
(msf)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2303 seconds (0.1#10.140)
pixels