5 Cara Melakukan Fast Charging Baterai Ponsel Android

Senin, 25 Desember 2023 - 19:20 WIB
loading...
5 Cara Melakukan Fast Charging Baterai Ponsel Android
Beberapa faktor berkontribusi pada waktu pengisian yang lambat. Salah satu penyebabnya, yaitu penggunaan charger berdaya rendah. (Foto: Slash Gear)
A A A
JAKARTA - Kegiatan mengisi ulang daya ponsel Android bisa memengaruhi suasana hati ketika berjalan lambat. Ada beberapa cara untuk melakukan pengisian daya ponsel dengan cepat alias fast charging .

Beberapa faktor berkontribusi pada waktu pengisian yang lambat. Salah satu penyebabnya, yaitu penggunaan charger berdaya rendah yang mungkin tidak memberikan arus seimbang untuk mengisi perangkat dengan cepat. Selain itu, kabel pengisian memainkan peran penting. Kabel yang rusak atau berkualitas rendah dapat menghambat aliran daya ke ponsel.

Penggunaan latar belakang dan aplikasi juga menggunakan sumber daya banyak pada perangkat saat diisi ulang juga dapat menghambat kecepatan proses pengisian. Pengguna Android dapat menerapkan beberapa tips dan trik untuk mengatasi tantangan ini dan mempercepat waktu pengisian daya ponsel.

Melansir Slash Gear, Senin (25/12/2023) terdapat lima tips mudah mengisi ponsel Android lebih cepat. Mulai dari penyesuaian pengaturan hingga memanfaatkan aksesori khusus. Tips ini akan membantu memaksimalkan pengalaman pengisian, menjaga perangkat tetap bertenaga dan siap digunakan dalam waktu singkat.


1. Optimalkan Pengaturan Pengisian


Mengoptimalkan pengaturan pengisian dapat berdampak langsung pada seberapa cepat ponsel Android terisi. Salah satu metode yang efektif dengan mengaktifkan Mode Pesawat. Fitur ini mematikan koneksi nirkabel seperti data seluler, Wi-Fi, dan Bluetooth, memungkinkan perangkat berkonsentrasi pada pengisian tanpa gangguan dari tugas latar belakang.

Untuk mengaktifkan mode pesawat:

Buka menu pengaturan cepat dengan menggeser dari bagian atas layar.

Cari ikon Mode Pesawat. Biasanya berbentuk gambar pesawat.

Ketuk ikon Mode Pesawat untuk mengaktifkannya.

2. Gunakan charger dan kabel yang disertakan dengan perangkat Android



Produsen merancang aksesori ini untuk memberikan tingkat daya yang tepat, memastikan kinerja pengisian optimal. Charger generik mungkin tidak memberikan efisiensi yang sama, jadi menggunakan peralatan asli dapat membuat perbedaan yang terlihat dalam kecepatan pengisian.

3. Tutup aplikasi latar belakang



Ada beberapa aplikasi latar belakang yang dengan cepat menguras baterai ponsel Anda serta memperlambat proses pengisian. Untuk menghentikan aplikasi agar tidak berjalan di latar belakang, ikuti langkah-langkah ini:

Buka Pengaturan dan arahkan ke Aplikasi.

Pilih aplikasi yang dituju dari daftar di layar Anda.

Pilih Berhenti Paksa.

Konfirmasi tindakan Anda.

Aplikasi sekarang tidak akan berjalan di latar belakang. Lakukan hal yang sama untuk semua aplikasi latar belakang untuk meningkatkan waktu pengisian ponsel Android Anda.


4. Sesuaikan Pengaturan Perangkat


Pengguna Android juga dapat mengubah pengaturan perangkat untuk mempercepat proses pengisian ponsel. Satu langkah praktis dengan menurunkan kecerahan layar. Layar menjadi salah satu komponen yang paling boros daya di perangkat dan mengurangi kecerahannya dapat secara signifikan berkontribusi pada pengisian yang lebih cepat. Meskipun mungkin mengorbankan sedikit visibilitas, ini adalah penyesuaian sementara yang memberikan hasil cepat.

Untuk menurunkan kecerahan layar:

Akses menu pengaturan cepat dengan menggeser dari bagian atas layar.

Cari pengaturan pengendali kecerahan atau ikon kecerahan.

Geser pengendali kecerahan ke kiri untuk menurunkan kecerahan layar. Atau, ketuk ikon kecerahan untuk beralih antara tingkat kecerahan hingga pengguma menemukan pengaturan yang lebih rendah.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1886 seconds (0.1#10.140)