Ruwiki, Wikipedia Versi Rusia Resmi Diluncurkan

Rabu, 17 Januari 2024 - 11:31 WIB
loading...
Ruwiki, Wikipedia Versi Rusia Resmi Diluncurkan
Rusia telah meluncurkan Ruwiki, situs Wikipedia buatan sendiri pada pekan ini. (Foto: AFP)
A A A
JAKARTA - Rusia dilaporkan telah meluncurkan Ruwiki, situs Wikipedia buatan sendiri pada pekan ini. Uji coba beta, pengujian situs dengan audiens terbatas, telah dimulai sejak medio 2023. Kabar terbaru, sudah ada lebih banyak artikel di Ruwiki daripada segmen berbahasa Rusia di Wikipedia.

Dilansir dari Arabnews, Rabu (17/1/2024), meski sudah memiliki Ruwiki, Rusia menyatakan belum berencana memblokir Wikipedia .

Platform ini menjadi salah satu sumber informasi independen yang masih bertahan di Rusia sejak penindakan konten online meningkat setelah invasi Moskow ke Ukraina pada Februari 2022. Namun, pengadilan Rusia memberikan serangkaian denda kepada ensiklopedia online tersebut tentang konten-konten terkait Ukraina.

Presiden Rusia Vladimir Putin memberikan persetujuannya untuk platform alternatif baru pengganti Wikipedia pada Mei 2022.



Surat kabar Izvestia melaporkan pekan lalu, dengan mengutip layanan pers Ruwiki, bahwa artikel yang paling banyak dibaca selama fase uji coba beta termasuk daftar kematian tahun 2023, eskalasi konflik Arab-Israel, operasi militer Rusia di Ukraina, dan film-film dengan pendapatan tertinggi di Rusia.

Pengguna rata-rata akan menghabiskan lebih dari enam menit di situs tersebut dan kedalaman pandangan rata-rata mencapai lebih dari lima halaman dalam fase uji coba.



Harian Kommersant mengatakan para pendiri Ruwiki tidak akan mengungkapkan seberapa besar biaya proyek ini atau nama-nama investor situs tersebut.
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1480 seconds (0.1#10.140)