Wow! Elon Musk Akan Berikan Uang Rp16 Triliun ke Wikipedia jika Mau Ubah Nama

Selasa, 24 Oktober 2023 - 13:47 WIB
loading...
Wow! Elon Musk Akan Berikan Uang Rp16 Triliun ke Wikipedia jika Mau Ubah Nama
Elon Musk janji akan memberikan uang Rp16 triliun ke Wikipedia. (Foto: Benziga)
A A A
JAKARTA - Elon Musk bakal menyumbang dana fantastis ke Wikipedia sebesar USD1 miliar atau sekira Rp16 triliun dengan syarat platform tersebut mau mengubah namanya. Namun, hal ini sejatinya adalah sebuah sindiran.

"Aku akan memberikan satu miliar dolar jika mereka mengubah namanya menjadi D*ckipedia," tulis Musk.
"Tolong tambahkan itu ke halaman wiki saya. Demi keakuratan."

Dilansir dari laman Complex, Selasa (24/10/2023), jurnalis Ed Krassenstein lantas mengomentari cuitan Musk dan mendorong Wikipedia mengubah namanya. "Lakukan itu! Kamu selalu bisa mengembalikannya setelah mengumpulkannya," tulis Krassenstein.

"Setidaknya satu tahun. Aku bukan bodoh, lol," cuit Musk.



Reaksi Musk ini bermula dari cuitan sebelumnya. Dia mengkritik Wikipedia karena menginginkan begitu banyak uang. "Hal itu tentu tidak diperlukan untuk mengoperasikan Wikipedia. Kamu benar-benar bisa memuat salinan seluruh teks di ponselmu!" cuit Musk. "Jadi, uangnya untuk apa? Penasaran ingin tahu ..."

Musk tidak harus menunggu lama untuk mendapat penjelasan. Wikipedia yang memberikan informasi gratis itu menyebut menangani lebih dari 25 miliar tampilan halaman per bulan dan lebih dari 44 juta suntingan halaman per bulan, sehingga membutuhkan biaya operasional besar.

Perseteruan Elon Musk dan Wikipedia ini bukanlah yang pertama. Pada bulan Mei, salah satu pendiri Wikipedia, Jimmy Wales, mengkritik Musk atas keputusannya membatasi konten tertentu di platform X menjelang pemilihan presiden Turki. Insider dalam laporannya juga menyebut X kabarnya lebih patuh terhadap permintaan pemerintah terkait sensor dan pengawasan di bawah kepemimpinan Musk.



Pada 2018, Musk mengumumkan niatnya membuat situs web bernama Pravda di mana masyarakat umum dapat menilai kebenaran inti dari setiap artikel dan mengikuti skor kredibilitas jurnalis, editor, dan publikasi mereka.
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2155 seconds (0.1#10.140)