Jangan Terpancing Wikipedia karena Artikelnya Relatif Mudah Diubah

Kamis, 04 Juni 2020 - 23:45 WIB
loading...
Jangan Terpancing Wikipedia karena Artikelnya Relatif Mudah Diubah
Berdasarkan keterangan dalam situs Wikipedia, sebenarnya siapa pun dapat menyunting artikel yang tidak dilindungi. Cara menyuntingnya juga mudah, cukup dengan mengeklik tab sunting di bagian atas sebuah halaman Wikipedia. Foto/ist
A A A
JAKARTA - Warganet di Twitter diramaikan dengan sebuah artikel yang dinilai keliru, tentang Partai Komunis Indonesia (PKI) . Dalam artikel dari Wikipedia yang berjudul ‘Pembantaian di Indonesia 1965-1966’ itu, informasi yang dibagikan dianggap salah. (Baca juga: Baleg DPR Diminta Transparan Bahas RUU Haluan Ideologi Pancasila )

Artikel yang diketahui telah disunting tersebut, menyebutkan bahwa mantan Presiden Soeharto sebagai dalang, sekaligus pelaku pembantaian PKI. Kemudian tagar #boikotwikipedia pun menggema di Twitter.

Berdasarkan keterangan dalam situs Wikipedia, sebenarnya siapa pun dapat menyunting artikel yang tidak dilindungi. Cara menyuntingnya juga mudah, cukup dengan mengeklik tab sunting di bagian atas sebuah halaman Wikipedia.

Setelah itu, situs akan membawa ke halaman dengan kotak yang berisikan teks dapat diedit. Setelah mengetik, kemudian tuliskan ringkasan suntingan pendek di ruang kecil di bawah kotak penyuntingan.

Jika dirasa isinya telah diedit, klik ‘Lihat pratayang’ untuk melihat bagaimana perubahan yang akan diterapkan. Setelah selesai, tekan ‘Simpan halaman’ untuk menyimpannya.

“Berkontribusilah positif dengan menulis hanya informasi yang benar-benar berguna bagi orang lain,” tulis Wikipedia mengingatkan.

Meski tidak semua halaman dapat disunting, tetapi mayoritas halaman di Wikipedia dapat disunting oleh siapa saja. Dan perubahan yang dilakukan akan langsung berlaku sesaat setelah disimpan.

“Tujuan kami dengan Wikipedia adalah untuk menyediakan ensiklopedia bebas yang sesungguhnya, ensiklopedia terbesar dalam sejarah, dalam arti luas dan kedalamannya. Kami juga menginginkan supaya Wikipedia dapat menjadi sumber yang tepercaya,” kata Larry Sanger, Co-Founding Wikipedia.

Artikel ini sendiri sekarang sedang dilindungi dari penyuntingan. Bahkan Wikipedia menyatakan keakuratan artikel ini diragukan dan artikel perlu diperiksa ulang dengan mencantumkan referensi yang dapat dipertanggungjawabkan.
(iqb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4417 seconds (0.1#10.140)