Inilah Perbedaan VPS dan Cloud Hosting, Lebih Bagus Mana?

Selasa, 02 Januari 2024 - 14:59 WIB
loading...
Inilah Perbedaan VPS dan Cloud Hosting, Lebih Bagus Mana?
Inilah Perbedaan VPS dan Cloud Hosting. FOTO/ DAILY
A A A
JAKARTA - Perbedaan VPS dan cloud hosting menjadi pembahasan menarik untuk diulas. Kedua istilah tersebut mungkin sudah tidak asing lagi bagi sebagian orang, terutama mereka yang biasa mengoperasikan website.



Melihat perkembangannya, ada banyak produk layanan hosting yang bisa diketahui. Sebagai contoh, bisa disebutkan seperti cloud hosting hingga virtual private server (VPS).

Kendati statusnya sama, namun keduanya tetap memiliki perbedaan. Dihimpun dari berbagai sumber, berikut beberapa di antaranya.

Perbedaan VPS dan Cloud Hosting


1. Pengertian

VPS merupakan singkatan dari Virtual Private Server. Layanan ini menggunakan metode virtualisasi yang memungkinkan sebuah server fisik dibagi menjadi sejumlah server virtual yang lebih kecil.

Berbeda dengan shared hosting, server virtual tidak akan terhubung satu sama lain. Jadi, pengguna tidak perlu khawatir data VPS miliknya diakses orang lain.

Sedikit berbeda dengan VPS, layanan Cloud hosting tidak mengandalkan satu server fisik. Mereka beroperasi menggunakan beberapa server virtual yang menjadi satu secara bersamaan.

2. Performa

Melihat performanya, VPS menawarkan kinerja unggul, bahkan dikatakan melebihi cloud hosting. Singkatnya, mereka bisa memberikan kebebasan bagi para pengguna untuk melakukan kustomisasi server virtual.

Kekurangannya mungkin terletak pada pengguna yang harus melakukan konfigurasi manual. Akibat alasan ini, tak jarang seseorang lebih memilih cloud hosting karena tidak ingin ribet.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.7237 seconds (0.1#10.140)