7 Manfaat VPN Kecepatan Tinggi di 2024, Mulai Ngegame hingga Buka Situs yang Diblokir

Senin, 01 Januari 2024 - 13:06 WIB
loading...
7 Manfaat VPN Kecepatan Tinggi di 2024, Mulai Ngegame hingga Buka Situs yang Diblokir
Manfaat VPN penting diketahui, agar lebih produktif serta lebih luas menggunakan hiburan di 2024. Foto: PCmag
A A A
JAKARTA - Virtual Private Network (VPN) atau jaringan pribadi virtual memungkinkan pengguna untuk mengirim dan menerima data di jaringan bersama atau publik seolah-olah perangkat komputasi mereka terhubung langsung ke jaringan pribadi.

Banyak yang sudah paham tentang VPN , tapi tidak semua menggunakannya. Alasannya beragam, bisa karena tidak butuh, masalah harga, atau lainnya.
Tapi, di 2024, menggunakan layanan VPN dengan kecepatan tinggi menjadi kebutuhan yang penting.

Untuk apa? Banyak, mulai bermain game, menonton video, mengunduh file besar, dan bahkan panggilan konferensi. Semuanya memerlukan koneksi VPN secepat kilat dengan latensi minimal dan kecepatan transfer data yang tinggi.

Nah, berikut adalah sejumlah manfaat menggunakan jaringan VPN di 2024 yang perlu diketahui menurut Kaspersky:

1. Menonton acara olah raga atau TV asing

Terkadang Anda merasa jengkel karena pertandingan tim sepak bola/sepak bola/bisbol/kriket/rugby yang Anda cintai tidak disiarkan di TV lokal. Nah, menggunakan VPN, Anda bisa menonton apa yang Anda bayar. Cukup memilih server VPN di negara asal dan menyambungkannya. Dengan begitu, Anda akan diberi alamat IP “asli” yang secara virtual akan memindahkan Anda ke rumah. Hanya perlu memastikan bahwa koneksi internet lokal dan VPN telah sesuai dengan kecepatannya.

2. Lewati pelambatan bandwidth

Di jaringan seluler, tempat umum, dan terkadang bahkan sambungan rumah, ISP membatasi kecepatan komunikasi, yang dikenal sebagai pembatasan bandwidth. Anda mungkin memperhatikan hal ini ketika mengunjungi situs dengan video atau mengunduh file besar: internet akan berjalan jauh lebih lambat. Hal ini memungkinkan ISP menghemat bandwidth dan mengurangi beban pada jaringan, tetapi juga membatasi hak Anda.

Menggunakan VPN yang mengenkripsi lalu lintas, penyedia layanan dan pihak ketiga lainnya tidak dapat melihat secara pasti apa yang Anda lakukan saat online atau situs apa yang dikunjungi, sehingga mereka tidak dapat membatasi bandwidth Anda.

3. Bermain game di wilayah yang diinginkan

Server dari banyak game multipemain tersebar di seluruh dunia. Terkoneksi dari wilayah tertentu, Anda akan bermain di server terdekat. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir lag seluruh pemain, menyatukan pemain dari zona waktu yang sama, dan mengurangi kendala bahasa dalam obrolan game.

Namun pendekatan ini juga dapat menimbulkan masalah: misalnya, Anda mungkin bermain pada jam yang “tidak ramah”, yang berarti hanya ada sedikit mitra permainan yang cocok di server terdekat, atau tim Anda telah memilih server permainan yang sangat spesifik. Melalui VPN, Anda bisa online di wilayah yang diinginkan serta menjamin koneksi ke server terbaik untuk kebutuhan Anda. Kecepatan VPN sangat penting di sini untuk memastikan jeda rendah dan pertukaran data cepat.

4. Menghindari kebijakan harga

Di banyak toko dan organisasi jasa, harga barang dan jasa yang sama berbeda secara signifikan dari satu negara ke negara lain karena perbedaan dalam kebijakan harga atau sekadar perbedaan jadwal penjualan.

Dengan memanfaatkan penawaran musiman dan menghemat uang dengan menghubungkan ke server VPN di negara yang diinginkan dan dengan demikian mengubah alamat IP Anda. Setelah itu, dengan masuk ke toko online versi regional, Anda akan melihat promosi lokal dan menikmati diskon terbaik.

5. Berbelanja dengan tenang

Jaringan publik baik itu Wi-Fi di bandara, hotel, kafe, kereta api, atau bus — menimbulkan sejumlah risiko pada perangkat Anda. Diantaranya adalah: iklan pihak ketiga di website; pengumpulan data aktivitas online; perlambatan saat menonton video; dan potensi intersepsi informasi pembayaran dan kata sandi.
Melalui saluran VPN terenkripsi, hal ini tidak dapat terjadi. Penjahat dunia maya di sekitar, pemilik kafe, dan penyedia Wi-Fi yang tidak bermoral tidak dapat melihat atau mencegat aktivitas online Anda.

Terlebih lagi, VPN Kaspersky dapat dikonfigurasi untuk mengaktifkan VPN secara otomatis saat menyambung ke jaringan Wi-Fi yang tidak terlindungi, dan Anda dapat menyesuaikan pengaturan VPN untuk setiap titik akses Wi-Fi yang disimpan di perangkat Anda satu per satu.

6. Membuka situs web yang diblokir secara geografis

Karena alasan hukum dan keamanan, beberapa situs memilih untuk menutup koneksi dari negara lain. Misalnya, banyak toko online tidak dapat diakses di negara tujuan pengiriman barang.

Hal yang sama berlaku untuk banyak layanan kota atau pemerintah yang disediakan secara online – akses dari luar negeri tidak dimungkinkan. Jika Anda perlu menggunakan situs tersebut, Anda perlu mengarahkan VPN Anda ke server di negara masing-masing.


7. Buka situs web meskipun diblokir

Skenario kebalikan dari pemblokiran geografis adalah ketika Anda tiba di negara yang, misalnya, memblokir aplikasi seperi Google atau Instagram. Dengan menyambung ke server VPN di negara lain, Anda dapat terus menggunakan akun dan layanan seperti biasa.

Pemblokiran geografis sering kali menimbulkan gangguan karena harus terus-menerus menghidupkan dan mematikan VPN untuk mengakses situs tertentu atau menggunakan aplikasitertentu.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2033 seconds (0.1#10.140)