5 Cara Melakukan Fast Charging Baterai Ponsel Android

Senin, 25 Desember 2023 - 19:20 WIB
loading...
5 Cara Melakukan Fast Charging Baterai Ponsel Android
Beberapa faktor berkontribusi pada waktu pengisian yang lambat. Salah satu penyebabnya, yaitu penggunaan charger berdaya rendah. (Foto: Slash Gear)
A A A
JAKARTA - Kegiatan mengisi ulang daya ponsel Android bisa memengaruhi suasana hati ketika berjalan lambat. Ada beberapa cara untuk melakukan pengisian daya ponsel dengan cepat alias fast charging .

Beberapa faktor berkontribusi pada waktu pengisian yang lambat. Salah satu penyebabnya, yaitu penggunaan charger berdaya rendah yang mungkin tidak memberikan arus seimbang untuk mengisi perangkat dengan cepat. Selain itu, kabel pengisian memainkan peran penting. Kabel yang rusak atau berkualitas rendah dapat menghambat aliran daya ke ponsel.

Penggunaan latar belakang dan aplikasi juga menggunakan sumber daya banyak pada perangkat saat diisi ulang juga dapat menghambat kecepatan proses pengisian. Pengguna Android dapat menerapkan beberapa tips dan trik untuk mengatasi tantangan ini dan mempercepat waktu pengisian daya ponsel.

Melansir Slash Gear, Senin (25/12/2023) terdapat lima tips mudah mengisi ponsel Android lebih cepat. Mulai dari penyesuaian pengaturan hingga memanfaatkan aksesori khusus. Tips ini akan membantu memaksimalkan pengalaman pengisian, menjaga perangkat tetap bertenaga dan siap digunakan dalam waktu singkat.


1. Optimalkan Pengaturan Pengisian


Mengoptimalkan pengaturan pengisian dapat berdampak langsung pada seberapa cepat ponsel Android terisi. Salah satu metode yang efektif dengan mengaktifkan Mode Pesawat. Fitur ini mematikan koneksi nirkabel seperti data seluler, Wi-Fi, dan Bluetooth, memungkinkan perangkat berkonsentrasi pada pengisian tanpa gangguan dari tugas latar belakang.

Untuk mengaktifkan mode pesawat:

Buka menu pengaturan cepat dengan menggeser dari bagian atas layar.

Cari ikon Mode Pesawat. Biasanya berbentuk gambar pesawat.

Ketuk ikon Mode Pesawat untuk mengaktifkannya.

2. Gunakan charger dan kabel yang disertakan dengan perangkat Android



Produsen merancang aksesori ini untuk memberikan tingkat daya yang tepat, memastikan kinerja pengisian optimal. Charger generik mungkin tidak memberikan efisiensi yang sama, jadi menggunakan peralatan asli dapat membuat perbedaan yang terlihat dalam kecepatan pengisian.

3. Tutup aplikasi latar belakang



Ada beberapa aplikasi latar belakang yang dengan cepat menguras baterai ponsel Anda serta memperlambat proses pengisian. Untuk menghentikan aplikasi agar tidak berjalan di latar belakang, ikuti langkah-langkah ini:

Buka Pengaturan dan arahkan ke Aplikasi.

Pilih aplikasi yang dituju dari daftar di layar Anda.

Pilih Berhenti Paksa.

Konfirmasi tindakan Anda.

Aplikasi sekarang tidak akan berjalan di latar belakang. Lakukan hal yang sama untuk semua aplikasi latar belakang untuk meningkatkan waktu pengisian ponsel Android Anda.


4. Sesuaikan Pengaturan Perangkat


Pengguna Android juga dapat mengubah pengaturan perangkat untuk mempercepat proses pengisian ponsel. Satu langkah praktis dengan menurunkan kecerahan layar. Layar menjadi salah satu komponen yang paling boros daya di perangkat dan mengurangi kecerahannya dapat secara signifikan berkontribusi pada pengisian yang lebih cepat. Meskipun mungkin mengorbankan sedikit visibilitas, ini adalah penyesuaian sementara yang memberikan hasil cepat.

Untuk menurunkan kecerahan layar:

Akses menu pengaturan cepat dengan menggeser dari bagian atas layar.

Cari pengaturan pengendali kecerahan atau ikon kecerahan.

Geser pengendali kecerahan ke kiri untuk menurunkan kecerahan layar. Atau, ketuk ikon kecerahan untuk beralih antara tingkat kecerahan hingga pengguma menemukan pengaturan yang lebih rendah.

Selanjutnya, pertimbangkan untuk menonaktifkan fitur yang tidak perlu seperti Bluetooth, Wi-Fi, dan GPS secara manual jika tidak ingin mengaktifkan mode pesawat. Fitur-fitur ini mengonsumsi daya bahkan ketika tidak aktif, dan menonaktifkannya selama pengisian memungkinkan perangkat mengalokasikan lebih banyak energi ke baterai, mempercepat proses pengisian secara keseluruhan. Penggunaselalu dapat mengaktifkannya kembali setelah perangkat terisi penuh.

Untuk menonaktifkan fitur-fitur ini:

Buka aplikasi Pengaturan.

Arahkan ke bagian Koneksi, Jaringan & Internet, atau sejenisnya, tergantung pada model perangkat dan versi Android.

Cari opsi seperti Bluetooth, Wi-Fi, dan Lokasi atau GPS.

Matikan tombol yang terletak di sebelah opsi tersebut untuk menonaktifkannya selama periode pengisian.

Aksesori Eksternal

Aksesori eksternal memainkan peran krusial dalam meningkatkan waktu pengisian. Jika charger ponsel tidak efisien, pertimbangkan untuk berinvestasi dalam charger cepat yang kompatibel dengan port pengisian perangkat. Pilih merek yang terpercaya untuk memastikan kompatibilitas dan keselamatan. Juga penting untuk menghubungkan ponsel ke charger cepat menggunakan kabel asli atau alternatif berkualitas tinggi untuk pengalaman pengisian yang efisien.

Untuk pengisian saat bepergian, power bank berkualitas tinggi dapat menjadi aksesori berharga. Pilih power bank dengan kapasitas yang cukup dan kemampuan pengisian cepat. Pastikan kompatibilitas dengan perangkat Android, mempertimbangkan jenis port pengisian dan teknologi pengisian yang didukung. Sebaiknya isi penuh daya power bank dan gunakan kabel pengisian asli.

Opsi pengisian nirkabel umumnya lebih lambat dibandingkan opsi berkabel, dan terjadi kehilangan efisiensi karena transfer energi melalui jarak pendek, menyebabkan pembangkitan panas. Kebutuhan penempatan perangkat yang tepat pada pad pengisian dan potensi masalah kompatibilitas lebih lanjut berkontribusi pada proses pengisian yang lebih lambat.


5. Pantau dan Kelola Baterai Ponsel


Menjaga kesehatan baterai ponsel Android sangat penting untuk menjaga efisiensi pengisian yang baik. Salah satu pertimbangan utamanya untuk menghindari suhu ekstrem. Paparan panas atau dingin berlebihan selama pengisian dapat mengurangi efisiensi dan umur pakai baterai. Mengisi perangkat di lingkungan dengan suhu dalam rentang yang direkomendasikan dan menghindari sinar matahari langsung atau kondisi dingin yang ekstrem adalah pilihan terbaik.

Jika melihat penurunan daya tahan baterai yang tiba-tiba dan signifikan, selidiki penyebabnya. Penurunan baterai yang tidak biasa dapat disebabkan oleh aplikasi yang berperilaku buruk, malware, atau masalah lainnya. Periksa statistik penggunaan baterai untuk mengidentifikasi penyebabnya dan ambil tindakan yang diperlukan, seperti memperbarui atau menghapus aplikasi yang bermasalah.

Beberapa ponsel Android memungkinkan melihat kesehatan baterai perangkat, sementara yang lain belum memiliki fitur ini. Jika memiliki ponsel Samsung Galaxy, inilah cara memeriksa kesehatan baterai:

Buka Samsung Members. Jika tidak memiliki aplikasi ini, Anda dapat mengunduhnya melalui Google Play Store.

Beralih ke Diagnostik > Diagnostik Ponsel.

Ketuk Status baterai.

Perangkat akan memeriksa kesehatan baterai. Jika status mengatakan Tindakan Diperlukan, sebaiknya hubungi layanan pelanggan Samsung atau kunjungi pusat layanan Samsung untuk mengganti baterai Anda. Jika perangkat tidak memiliki fitur ini, dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti AccuBattery atau Battery Guru untuk memeriksa status baterai.

Tips lainnya dengan menyesuaikan waktu berhenti layar dalam pengaturan ponsel. Mengurangi berapa lama layar tetap aktif saat tidak digunakan menghemat daya, membuat proses pengisian lebih efisien. Menjaga layar tetap aktif untuk waktu yang lama menggunakan lebih banyak daya, yang dapat memperlambat kecepatan pengisian.

Untuk menyesuaikan waktu berhenti layar:

Buka aplikasi Pengaturan.

Cari opsi Tampilan, Layar, atau sejenisnya.

Temukan dan pilih Waktu berhenti layar atau pengaturan serupa.

Pilih durasi yang lebih pendek dari opsi yang tersedia. Ini menentukan berapa lama layar tetap aktif saat tidak digunakan. Simpan perubahan, dan ponsel sekarang akan secara otomatis mematikan layar lebih cepat saat tidak digunakan, menghemat daya dan membuat proses pengisian lebih efisien.
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4974 seconds (0.1#10.140)