Twitter Tertarik Beli TikTok

Senin, 10 Agustus 2020 - 06:45 WIB
loading...
A A A
Setiap perusahaan besar China dituding memiliki "sel" internal yang bertanggung jawab kepada Partai Komunis China yang berkuasa, dengan banyak agennya yang bertugas mengumpulkan rahasia.

Namun, kekhawatiran tidak hanya tentang data apa yang dikumpulkan, tetapi juga lebih teoretis, di mana banyak kalangan memperkirakan apakah pemerintah China bisa memaksa ByteDance untuk menyerahkan data. Undang-Undang Keamanan Nasional 2017 di China memaksa setiap organisasi atau warga negara untuk "mendukung, membantu, dan bekerja sama dengan pekerjaan intelijen negara".

CEO baru TikTok , Kevin Mayer, yang juga mantan eksekutif Disney di AS, mengatakan bahwa pihaknya akan mengizinkan para ahli untuk memeriksa kode di balik algoritmanya. Pernyataan itu sangat penting dalam industri di mana data dan kode dijaga ketat. (Baca juga: AHY Posting Foto Bareng Prabowo, Netizen Sebut Pasangan Ideal 2020)

Instagram Tiru TikTok

TikTok memang menjadi magnet media sosial. Itu terbukti ketika Facebook, induk Instagram, mengumumkan fitur baru yakni Instagram Reels. Fitur itu bisa dinikmati di 50 negara, namun belum ada informasi kapan fitur itu bisa dinikmati pengguna di Indonesia. Negara yang sudah bisa menikmati Instagram Reels adalah AS, Inggris, Jepang, dan Australia.

Peluncuran Reels itu di tengah upaya Trump ingin memblokir TikTok dan menekan agar dijual ke perusahaan AS. ByteDance, pemilik TikTok , menuding Facebook dan Instagram telah menjiplak TikTok.

Kevin Mayer bahkan menuding Facebook telah meluncurkan produk tiruan lainnya bernama Instagram Reels. "Sebelumnya, Facebook juga sudah memiliki Lasso, tetapi gagal. Itu pun hasil tiruan dari TikTok," serang Mayer.

Mayer mengungkapkan, Facebook menyamar sebagai patriot dan nasionalis untuk mengakhiri kehadiran TikTok di AS. "Bagi mereka yang meluncurkan produk dengan daya saing tinggi, kami katakan silakan saja," katanya. (Lihat videonya: Gunung Sinabung Erupsi, Empat Kecamatan Tertutup Abu Vulkanik)

Namun, Direktur Produk Instagram Robby Stein menyatakan fitur Instagram Reels berbeda dengan TikTok . "Inspirasi penciptaan suatu produk bisa saja muncul dari mana saja," kata Stein. Dia mengungkapkan, TikTok memang pihak pertama yang memopulerkan berbagai video pendek dengan latar musik. (Andika H Mustaqim)
(ysw)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3228 seconds (0.1#10.140)