Langkah Mudah jika Laptop Ketumpahan Air

Senin, 13 November 2023 - 21:00 WIB
loading...
Langkah Mudah jika Laptop Ketumpahan Air
Peristiwa segelas air tumpah ke laptop seringkali terjadi. (Foto: Slash Gear)
A A A
JAKARTA - Kejadian tak terduga bisa terjadi kapan saja, seperti segelas air di samping laptop tumpah di seluruh laptop. Ada beberapa cara untuk mencegah kerusakan lebih lanjut.

Langkah pertama yang harus dilakukan dengan mematikan laptop tanpa peduli dengan program terbuka atau tugas yang belum disimpan, atau dengan kata lain, memaksa untuk dimatikan. Matikan dengan tangan kering untuk mencegah dari sengatan listrik.

Tekan dan tahan tombol daya selama lima hingga 10 detik sampai layar menjadi hitam, dan tidak terdengar kipas pendingin. Hal ini mengurangi kemungkinan terjadinya korsleting. Jika laptop sudah mati ketika air tumpah, jangan hidupkan kecuali yakin sudah kering.

Selanjutnya, cabut kabel daya dari laptop dan semua aksesori lainnya, seperti mouse, keyboard, pembaca kartu, drive penyimpanan eksternal, monitor sekunder, dan lainnya.


Balikkan laptop dan buka panel belakang


Dikutip dari Slash Gear, Senin (13/11/2023), setelah mematikan laptop dan mencabut semua aksesori, balikkan laptop di atas handuk atau kain serap. Cara ini akan mengeluarkan sebagian besar air yang masuk ke laptop melalui lubang-lubang kecil di sekitar tombol.

Meskipun ini lebih mudah dilakukan dengan laptop yang penutupnya bisa berputar 180 derajat, mungkin harus menggunakan tumpukan buku atau sudut meja untuk meletakkan laptop biasa dengan sudut sehingga keyboard berada di atas handuk dan layar tergantung.

Saat laptop mengering, cabut baterainya untuk mencegah kerusakan akibat air. Jika laptop memiliki baterai yang dapat dilepas, tekan kait di panel belakang dan segera lepaskan. Namun, jika baterai laptop tersembunyi di bawah pelat belakang, harus melepaskannya untuk memutuskan sel baterai. Jika tidak nyaman untuk memutuskan baterai, cukup lepaskan sekrup pelat belakang dan letakkan di samping, yang akan membantu laptop mengering. Idealnya, harus meninggalkan perangkat dalam posisi ini setidaknya selama satu hari.

Setelah sehari, pasang kembali semua komponen dan bawa laptop ke pusat layanan terdekat. Biarkan para profesional melakukan diagnosis lebih lanjut untuk memastikan semuanya berfungsi dengan baik.


Lepas komponen internal


Lepaskan baterai dan komponen internal lainnya, seperti RAM, solid-state drive, dan unit pemrosesan karena tetes air sekecil apa pun dapat membuatnya tidak berguna.

Periksa bagian-bagian ini dengan cermat, terutama jika yang tumpah bukan air murni. Serap air menggunakan kain mikrofiber jika melihat bagian yang basah. Gunakan kapas swab untuk membersihkan sudut-sudut sulit. Pada titik ini, biarkan semuanya mengering setidaknya selama satu hari. Jika memungkinkan, letakkan setup tersebut di area yang tidak lembab dan hangat, atau sebaliknya, biarkan di dalam ruangan dengan kipas menyala selama satu hari.

Setelah semuanya bersih dan kering, pasang kembali bagian-bagian ke motherboard, pasang pelat belakang, dan coba hidupkan kembali. Jika metode yang disebutkan di sini tidak berhasil, tergantung pada seberapa parah kerusakan akibat air, dan laptop tidak mau menyala, pertimbangkan untuk mengunjungi pusat layanan.

Hindari pengering rambut atau baskom beras


Sebaiknya tidak menggunakan pengering rambut pada perangkat, baik itu smartphone atau laptop, karena panasnya dapat lebih merugikan daripada membantu. Selain itu, sebaiknya tidak meletakkan laptop di bawah sinar matahari karena dapat memanaskan komponen seperti baterai, RAM, dan CPU di luar batas suhu operasional mereka, menyebabkan kerusakan.

Menyimpan perangkat di dalam baskom beras juga tidak membantu. Bahkan, jika butiran beras terjebak di lubang-lubang kecil, seperti port USB-A pada laptop Windows atau port USB-C pada MacBook , mungkin harus menggantinya.

Jika mencoba membersihkan komponen internal, jangan menyemprotkan atau menuangkan alkohol isopropil langsung ke atasnya. Sebaliknya, tuangkan cairan itu ke kain mikrofiber atau kapas swab dan gosokkan dengan lembut pada area yang terkena. Terakhir namun tidak kalah penting, meskipun laptop tahan tumpahan atau tahan air, jangan menyalakannya di tengah proses pengeringan hanya untuk melihat apakah itu berfungsi.
(msf)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4261 seconds (0.1#10.140)