Ilmuwan Google Klaim Komputer Kuantum Lebih Canggih dari Superkomputer

Minggu, 13 Oktober 2024 - 07:26 WIB
loading...
Ilmuwan Google Klaim...
Komputer Kuantum . FOTO/ DAILY
A A A
LONDON - Peneliti Google Quantum AI menemukan fase kompleks komputasi stabil yang dapat dicapai oleh unit pemrosesan kuantum (QPU) yang sudah ada. Ini membuka pintu bagi kemampuan komputasi kuantum yang lebih hebat dan lebih cepat.



Saat komputer kuantum memasuki apa yang disebut sebagai fase kebisingan lemah, mereka mampu melakukan perhitungan kompleks yang bahkan superkomputer tercanggih pun tidak dapat mengimbanginya.

Penelitian yang dipimpin oleh Alexis Morvan ini diterbitkan pada 9 Oktober di jurnal Nature, dan menunjukkan langkah signifikan dalam pengembangan aplikasi praktis yang sebelumnya tidak mungkin dilakukan dengan komputer klasik.

“Kami berfokus pada pengembangan aplikasi nyata untuk komputer kuantum yang tidak dapat dilakukan pada komputer klasik,” jelas perwakilan Google Quantum AI kepada Live Science.

“Penelitian ini adalah langkah penting dalam perjalanan itu. Tantangan kami selanjutnya adalah menunjukkan aplikasi 'melampaui klasik' dengan dampak nyata di dunia nyata.”

Namun, tantangan terbesar dalam komputasi kuantum saat ini adalah kebisingan yang dihasilkan. Data dari komputer kuantum sering kali berisik, sehingga memerlukan koreksi kesalahan yang intensif.

Sebagai contoh, qubit elemen dasar komputer kuantum sangat sensitif terhadap gangguan eksternal seperti perubahan suhu atau radiasi. Dibandingkan dengan bit klasik, di mana hanya 1 dari 1 miliar miliar bit mengalami kegagalan, qubit memiliki tingkat kesalahan yang jauh lebih tinggi, yaitu sekitar 1 dari 100 qubit yang gagal.

Komputasi kuantum sendiri memiliki potensi besar. Sementara bit klasik hanya dapat memproses data secara berurutan, qubit dapat menjalankan perhitungan secara paralel, yang berarti komputer kuantum dapat menyelesaikan perhitungan rumit dalam hitungan detik sesuatu yang mungkin membutuhkan waktu ribuan tahun bagi komputer klasik.

Namun, untuk mencapai "supremasi kuantum" secara penuh, diperlukan teknologi koreksi kesalahan yang lebih canggih atau komputer kuantum dengan jutaan qubit.

Saat ini, komputer kuantum dengan jumlah qubit terbanyak masih sekitar 1.000, tetapi eksperimen terbaru dari Google menunjukkan bahwa komputer kuantum dapat bekerja dalam kondisi kebisingan saat ini dan tetap mengungguli komputer klasik dalam perhitungan tertentu.

Metode ini adalah salah satu tolok ukur paling sulit yang harus dilalui komputer kuantum. pada fase ini, komputer kuantum berhasil menyelesaikan perhitungan kompleks yang tak dapat dicapai oleh komputer klasik, seperti yang didemonstrasikan pada chip Sycamore 67-qubit milik Google.

“Ini adalah penanda penting dalam perjalanan menuju aplikasi nyata atau komersial yang melampaui kemampuan komputer klasik,” tambah perwakilan Google Quantum AI.
(wbs)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1421 seconds (0.1#10.140)