Modus Baru Penipuan Lewat File APK, Ini Cara Menghindarinya

Senin, 02 Oktober 2023 - 11:41 WIB
loading...
Modus Baru Penipuan Lewat File APK, Ini Cara Menghindarinya
Modus Baru Penipuan Lewat File APK. FOTO/ CNET
A A A
JAKARTA - Penipuan dengan modus mengirimkan file APK melalui pesan singkat WhatsApp marak terjadi. Banyak korban berjatuhan hingga kehilangan uang tabungan miliaran rupiah.


Untuk mencegah penipuan modus file APK, simak tips dari pakar keamanan siber berikut ini:

"Para pengguna gawai (handphone) yang telanjur mengklik file APK disarankan segera mengganti semua password. Termasuk password email dan m-banking. Sebab dengan mengklik tautan file APK, sistem akan mengirim data ke server tertentu termasuk password untuk selanjutnya diretas oleh hacker," kata Chief Information Security Officer snc.id Bruce Hanadi melalui keterangan resmi, Minggu (1/10/2023)

Bruce Hanadi menyatakan, data yang terkirim ke server tentu setelah mengklik file APK kurang lebih 3-4 detik. Dia menyarankan pengguna gawai untuk mengaktifkan 2FA atau Two Factor Authentication seperti token.

Dengan 2FA, ujar Bruce Hanadi, akan memberikan informasi berupa validasi di handphone pengguna untuk melakukan sesuatu atau dengan mengirim OTP.

Penipuan modus file APK, seperti undangan pernikahan, kurir paket, surat tilang yang ujungnya meretas merupakan malware atau software jahat, APK, virus, dan lainnya. "Itu bisa di-packing ke file apa saja seperti dalam bentuk doc, pdf, jpg, bmg," ujar Bruce.

Menurut Bruce, sebagian besar pengguna handphone malas mengganti password secara berkala. Bahkan banyak pengguna hanya menggunakan satu password untuk semua aplikasi dan seumur hidup.

Kondisi tersebut, tutur dia, membuat password yang digunakan mudah ditebak orang lain. Karena itu, penggantian password harus dilakukan secara berkala dan jangan dan jangan membuat password mudah ditebak.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2692 seconds (0.1#10.140)