Didukung AI, Pencarian Google Menjadi Lebih Baik dan Menyertakan Sumbernya

Kamis, 31 Agustus 2023 - 11:37 WIB
loading...
Didukung AI, Pencarian Google Menjadi Lebih Baik dan Menyertakan Sumbernya
Pencarian google yang didukung dengan perangkat kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) menjadi lebih baik. Foto/Google
A A A
MENLO PARK - Pencarian google yang didukung dengan perangkat kecerdasan buatan ( Artificial Intelligence/AI ) menjadi lebih baik. Search Generative Experience atau disingkat SGE, saat ini menyertakan tautan referensi langsung dalam respons pencarian yang dihasilkan AI generatif.

Sebelumnya, jika ingin mengetahui dari mana SGE mendapatkan sumbernya, pengguna harus mengklik ikon kecil di sudut kanan atas, yang akan menampilkan situs yang menguatkan setiap klaim SGE. Kini, tanggapan SGE memiliki ikon panah tepat di halamannya, yang turun ke bawah untuk menunjukkan dari mana sumber informasi tersebut.

“Selama pengujian, kami mengetahui bahwa orang-orang merasa lebih mudah dan lebih mudah dipahami ketika akses ke tautan ini disajikan dalam ikhtisar itu sendiri,” keterangan postingan google dalam blog yang dikutip SINDOnews dari laman sea.mashable, Kamis (31/8/2023).



SGE hanya dapat diakses melalui daftar tunggu dan hanya dalam tempat pengujian Google Search Labs, sehingga sulit untuk dievaluasi. Status eksperimental suatu produk memberinya semacam izin untuk mengalami masalah yang mencolok, meskipun produk tersebut sering digunakan.

Namun mereka yang memiliki akses awal mencatat bahwa SGE, meminjam konten secara liberal dari artikel yang ditulis manusia tanpa kutipan eksplisit. Menurut Hema Budaraju, Senior Director of Product Management of Search, dari apa yang telah dipelajari Google, orang-orang ingin melihat konten dan juga sumber konten tersebut.
Didukung AI, Pencarian Google Menjadi Lebih Baik dan Menyertakan Sumbernya


Tidak jelas tanggapan seperti apa yang diterima SGE dari penerbit, namun Budaraju berkata, "Kami memprioritaskan pendekatan yang terus mengarahkan lalu lintas ke web, bukan? Karena menurut kami hal ini penting untuk kesehatan web."

Dia menambahkan, seperti telah dikatakan berulang kali, SGE hanyalah sebuah eksperimen. Apa pun hasil akhirnya masih harus dilihat. Namun untuk saat ini, antarmuka SGE yang diperbarui di Search Labs jelas memberi kredit pada sumber dengan lebih jelas dibandingkan sebelumnya.



Google berupaya menggabungkan fokus barunya pada AI generatif dengan keahliannya dalam penelusuran sejak pertengahan Mei, sebagai bagian dari proyek Google Search Generative Experience (SGE) Search Lab. Google mengumumkan bahwa program SGE berkembang melampaui batas digital Amerika dan memasuki pasar Jepang dan India.

SGE adalah jawaban Google untuk Bing AI Microsoft dan dirancang untuk memberikan jawaban yang diringkas dan dikurasi atas permintaan masukan, bukan daftar laman web. Sistem Google berbeda dari Microsoft karena sistem ini menggabungkan AI-nya langsung ke dalam bilah pencarian yang ada daripada menjalankannya sebagai asisten chatbot terpisah.

Perusahaan ini mulai memperluas akses ke program SGE pada akhir Mei untuk pengguna di AS dan, minggu ini, meluncurkan Search Labs untuk pengguna di India dan Jepang. Fitur pencarian yang disempurnakan dengan AI akan tersedia dalam bahasa Jepang di Jepang dan dalam bahasa Inggris dan Hindi untuk pengguna di India.

“Kami juga meluncurkannya dengan input suara, sehingga pengguna cukup mengucapkan pertanyaan mereka dan mendengarkan tanggapannya,” lanjut blog tersebut.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4773 seconds (0.1#10.140)