Randoseru, Ransel Unik dan Canggih yang Bikin Anak-anak Jepang Nyaman Berangkat Sekolah

Kamis, 06 Juli 2023 - 15:27 WIB
loading...
Randoseru, Ransel Unik dan Canggih yang Bikin Anak-anak Jepang Nyaman Berangkat Sekolah
Randoseru digunakan anak-anak sekolah dasar di Jepang ternyata memiliki banyak fungsi yang menarik. Foto: dok Fun Tokyo
A A A
JEPANG - Anak-anak sekolah dasar di Jepang nyaman dan aman berangkat sekolah sendirian karena dilengkapi dengan ransel unik dan ponsel canggih. Apa saja kelebihannya?

Anak-anak sekolah dasar di Jepang dibiasakan berangkat ke sekolah sendirian tanpa didampingi orang tua. Kebiasaan itu sudah dilakukan sejak mereka mulai masuk ke sekolah dasar.

Randoseru, Ransel Unik dan Canggih yang Bikin Anak-anak Jepang Nyaman Berangkat Sekolah

Anak-anak kelas 1 sekolah dasar yang masih berusia enam tahun sudah diminta untuk berangkat sendiri tanpa ditemani orang tua. Namun bukan berarti orang tua dan sekolah lepas tangan begitu saja.

Ternyata anak-anak sekolah dasar di Jepang dilengkapi dengan ransel unik dan ponsel canggih. Berbeda dengan anak-anak di Indonesia yang dibebaskan menggunakan tas dari berbagai merek, anak-anak sekolah dasar di Jepang justru wajib mengenakan ransel khusus yang mereka namakan "Randoseru".

Menurut kanal YouTube Life in Japan "Randoseru" ternyata punya fungsi yang sangat banyak. Jadi ransel itu bukan sekadar tempat membawa buku dan perlengkapan sekolah saja. Pertama, ransel unik itu didesain untuk tahan digunakan setiap hari selama enam tahun masa sekolah dasar.

Jadi setelah dibeli anak-anak sekolah dasar di Jepang tidak perlu menggantinya lagi dengan yang baru. Nah, untuk anak-anak kelas 1 sekolah dasar ada sedikit perbedaan.

Randoseru milik anak-anak kelas 1 dilengkapi dengan rompi warna kuning dengan tulisan Kelas 1. Perbedaan itu jadi penanda buat masyarakat sekitar untuk melindungi anak-anak kelas 1 selama melakukan perjalanan ke sekolah.

Selain itu di setiap tas juga diberikan perangkat khusus yang bisa berbunyi nyaring. Jadi ketika anak-anak sekolah dasar merasa terancam, mereka tinggal membunyikan alat tersebut dan bisa mendapatkan pertolongan dari orang sekitar yang mendengarnya.

Kedua, tas punggung ini juga berfungsi sebagai bantalan kalau anak jatuh terjengkang. Jadi, posisi jatuh anak enggak membahayakan kepala.

Randoseru, Ransel Unik dan Canggih yang Bikin Anak-anak Jepang Nyaman Berangkat Sekolah

Tas ini juga bisa digunakan sebagai pelampung saat terjadi banjir, dan karena Jepang sering dilanda gempa, juga bisa digunakan untuk melindungi kepala saat terjadi keruntuhan bangunan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3590 seconds (0.1#10.140)