Canon EOS R5 dan R6 Resmi Dijual di Indonesia, Ini Harga dan Spesifikasinya

Senin, 27 Juli 2020 - 04:45 WIB
loading...
A A A
In-Body Image Stabilizer
Canon EOS R5 dan EOS R6, ujar dia, hadir dengan teknologi 5-axis In-Body Image Stabilizer (In-Body IS). Dengan menggunakan algoritma baru, DIGIC X membaca data sinyal gyro dengan cepat untuk menghasilkan efek stabilisasi gambar yang lebih tinggi. Saat dipasang lensa berteknologi Optical Image Stabilizer (Optical IS) kinerja stabilisasi gambar bisa mengompensasi kecepatan rana hingga 8-stop.

Meskipun memiliki bentuk yang ringkas, EOS R5 dan EOS R6 tetap hadir dengan dua slot kartu memori. Canon EOS R5 menyediakan slot untuk kartu CFexpress dan kartu SD.

Kartu CFexpress mendukung transfer data berkecepatan tinggi sehingga kamera mampu melakukan pemotretan gambar 45 megapiksel terus menerus dengan kecepatan 20 fps dan perekaman internal video 8K RAW (tanpa perangkat perekam tambahan). Sedangkan EOS R6 memiliki dua slot untuk kartu memori SD.
Canon EOS R5 dan R6 Resmi Dijual di Indonesia, Ini Harga dan Spesifikasinya

Monitor dan perekam eksternal dapat dipasang di kedua kamera melalui port HDMI dan dapat merekam hingga 4K 60fps dengan kualitas 10 bit, 4:2:2. Untuk pemotretan HDR, kedua kamera memiliki fitur PQ dan Canon log yang mengusung fleksibilitas bagi pengguna untuk merekam konten HDR.

Canon EOS R5 dan EOS R6 mendukung koneksi wireless LAN 2.4GHz tanpa perlu aksesori tambahan. Dengan konektivitas ini, fotografer dapat dengan mudah mentransfer data gambar dari kamera ke perangkat pintar, PC atau bahkan ke server FTP/FTPS. Jika pengguna membutuhkan kecepatan lebih cepat atau SFTP dengan LAN yang aman, tinggal pasang WFT-R10 (opsional).

Merry menambahkan, kedua kamera ini mendukung Bluetooth Low Energy (BLE) dan merupakan yang pertama bekerja sepenuhnya dengan platform image.canon cloud. Setelah dikonfigurasi dengan koneksi Wi-Fi, kamera dapat secara otomatis mengunggah file gambar dan video sekaligus menyimpannya di image.canon cloud hingga 30 hari tanpa batas jumlah dan besaran gambar atau video yang diunggah, termasuk file RAW dan video 8K.

"Pengguna juga dapat mengkonfigurasi image.canon untuk secara otomatis mentransfer data gambar asli ke berbagai platform cloud seperti Google Photos, Google Drive atau Adobe Creative Cloud," tambah Merry.

Video Kualitas 8K
Prosesor gambar DIGIC X yang didukung kecepatan yang luar biasa dari kartu memori CFexpress membuat Canon EOS R5 mampu merekam video beresolusi 8K tanpa crop pada 30 fps. Pengambilan gambar dalam format 8K memberikan keleluasaan ketika proses pascaproduksi, termasuk untuk mengkreasikan video 4K dengan berbagai efek seperti zoom dan panning.

Selain itu, EOS R5 dapat merekam video 8K RAW secara internal, tanpa tambahan memori eksternal. Untuk mendapatkan efek slow motion yang halus dengan kualitas tinggi, EOS R5 dapat merekam video 4K pada mode 120 fps.
Canon EOS R5 dan R6 Resmi Dijual di Indonesia, Ini Harga dan Spesifikasinya

Sementara EOS R6 dilengkapi fitur perekaman video 4K hingga 60fps, dan slow motion pada 120 fps dalam Full HD, tanpa crop. Berbagai format file video tersedia di kedua kamera, termasuk RAW, H.265 HEVC dan H.264 MP4.

Walaupun memiliki bodi ringan, kedua kamera dilapisi dengan rangka magnesium alloy dan didesain tahan terhadap debu serta cipratan air. EOS R5 memiliki daya tahan 500.000 cycles shutter setara dengan EOS 1D X Mark III, sementara EOS R6 hingga 300.000 cycles shutter. Selain itu, tirai rana dapat dikonfigurasikan untuk tetap terbuka atau menutup untuk mencegah debu memasuki ruang sensor saat mengganti lensa.

Kedua kamera ini dilengkapi layar LCD sentuh Vari-angle. EOS R5 memiliki 0,5 inci Electronic Viewfinder (EVF) beresolusi tinggi dengan 5,76 juta titik dan EOS R6 memiliki EVF dengan 3,69 juta titik. Pada EOS R5 terdapat panel LCD di bagian atas, sementara EOS R6 dilengkapi Mode Dial. Multi-controller dan Quick Control Dial yang populer dan tersedia pada seri EOS 5D, dapat ditemukan pada kedua kamera ini untuk memudahkan pemilihan titik AF dan pengubahan pengaturan yang lebih cepat.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5066 seconds (0.1#10.140)