5 Cara Mudah Mengubah Negatif Film Menggunakan Smartphone

Sabtu, 17 Agustus 2024 - 22:05 WIB
loading...
5 Cara Mudah Mengubah...
Ada cara mudah mengubah kenangan lama dalam negatif film menjadi format digital. Foto/Slash Gear
A A A
JAKARTA - Kamera film kini sudah nyaris punah tertelan kemajuan zaman digantikan oleh perangkat digital. Bahkan, kamera smartphone sudah sangat canggih hingga mampu menghadirkan gambar berkualitas dengan proses instan.

Namun, warisan negatif film tentu masih ada dan menyimpan banyak memori indah. Membiarkannya begitu saja tentu bukan hal yang bijak karena ada cara mudah memindahkannya ke platform digital.

Berikut cara mudah mengubah kenangan lama menjadi format digital yang dapat dinikmati kapan saja dilansir dari Slash Gear, Sabtu (17/8/2024):

Sebelum memulai, siapkan pemindai negatif film menggunakan iPhone atau Android dengan kamera berkualitas tinggi. Selanjutnya, gunakan lampu pad murah atau layar besar seperti iPad atau tablet Android sebagai latar belakang. Setel kecerahan ke maksimum dan gunakan aplikasi kotak cahaya atau buka layar putih online.

Kemudian letakkan sumber cahaya di permukaan datar di ruangan yang gelap. Tempatkan pemisah seperti dua tumpukan buku dengan kaca transparan di tengah untuk menjaga film tetap terangkat dan mencegah cahaya membilas foto.

Berikutnya, tempatkan negatif film di atas pemisah dengan gambar yang diinginkan di tengah kaca. Lalu letakkan ponsel sejajar dengan film menggunakan dudukan ponsel atau pegangan leher angsa.



Dengan persiapan ini, proses mendigitasi negatif film sudah bisa dilakukan menggunakan salah satu dari beberapa metode sebagai berikut.

1. FilmBox


FilmBox adalah aplikasi pemindai negatif film yang sangat direkomendasikan untuk iOS dan Android. Aplikasi ini mempermudah proses digitasi dengan pemindaian otomatis dan hasil yang minim pengeditan.

Berikut caranya:

- Instal Aplikasi: Unduh FilmBox oleh Photomyne dari App Store atau Google Play.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1536 seconds (0.1#10.140)