Mampu Merekam Gambar Terkecil, Kamera Canggih Ini Bisa Bertahan Seribu Tahun di Arizona

Minggu, 21 Januari 2024 - 08:25 WIB
loading...
Mampu Merekam Gambar Terkecil, Kamera Canggih Ini Bisa Bertahan Seribu Tahun di Arizona
Kamera canggih ini bisa bertahan seribu tahun di Arizona. FOTO/ IFL
A A A
TOKYO - Kamera unik dan canggih yang disebut Kamera Milenium didesain untuk mengambil gambar gurun Arizona dalam jangka waktu seribu tahun. Proyek ini digagas oleh Jonathon Keats, seorang filsuf eksperimental dari Fakultas Seni Rupa Universitas Arizona.



Seperti dilansir darI IFL Science, Minggu (21/1/2024), kamera Milenium ini bukan kamera elektronik seperti yang biasa kita pakai, melainkan menggunakan prinsip kamera lubang jarum yang sudah ada sejak ribuan tahun lalu.

Cahaya dari gurun ditangkap melalui sebuah lubang kecil, lalu difokuskan untuk permukaan sensitif cahaya berupa lembaran pigmen warna yang akan memudar secara perlahan seiring berjalannya waktu.

Jadi, kamera ini tidak langsung menghasilkan gambar yang bisa kita lihat seperti biasa. Gambar gurun Arizona baru akan "terlihat" ketika lembaran pigmen warna memudar seiring perubahan cahaya dan lingkungan selama seribu tahun ke depan.

Ini seperti kita merekam perubahan gurun Arizona dalam sebuah medium yang sangat lambat.

Proyek Kamera Milenium ini bukan hanya proyek seni, tetapi juga bertujuan untuk mendorong refleksi tentang waktu, perubahan lingkungan, dan cara kita memandang dokumentasi.

Bayangkan bisa melihat seperti apa gurun Arizona seribu tahun yang akan datang melalui foto yang diambil hari ini!
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2958 seconds (0.1#10.140)