Zoom Hadirkan Fitur untuk Kebutuhan WFA

Kamis, 08 Juni 2023 - 14:07 WIB
loading...
Zoom Hadirkan Fitur untuk Kebutuhan WFA
Zoom menghadirkan fitur- fitur unggulan yang berkaitan dengan kebutuhan WFA. FOTO/ CNET
A A A
LONDON - Zoom Video Communications resmi menghadirkan berbagai macam layanan dan fitur yang mampu menjawab kebutuhan pengguna di industri dan sekolah.



Nathan Guy Head of UCaaS at Zoom mengatakan Zoom telah beralih dari Zoom Meetings menjadi satu platform Zoom One yang saling terhubung dan menghadirkan berbagai platform bisnis, seperti Zoom Phone, Zoom Events, Zoom Rooms, Zoom Contact Center, Zoom Team Chat.

Nathan mengungkapkan, pada tahun 2020, yang kemudian berlangsung selama beberapa tahun, Zoom menjadi platform terdepan untuk remote working. Tetapi, yang mungkin tidak diketahui banyak pengguna, bahkan sebelum pandemi global, Zoom sudah membangun solusi berikutnya dalam ekosistem.

“Apa yang kami inovasikan di tahun 2018 untuk membuat platform Zoom tersedia di handphone, dan kemudian diluncurkan pada Januari 2019, telah mengumpulkan hingga 6 juta pengguna,” ungkap Nathan.
Zoom Hadirkan Fitur untuk Kebutuhan WFA

Nathan mengatakan platform Zoom One dapat memberikan nilai-nilai yang sesungguhnya terhadap bisnis Anda. Apalagi, saat ini banyak perusahaan yang sudah menerapkan gaya bekerja dari mana saja atau work from anywhere (WFA).

"Sekarang kami memiliki platform yang lengkap, bukan hanya sebuah aplikasi. Kami sudah melampaui aplikasi bisnis standar dan telah menjadi sebuah platform bisnis," katanya.

Gaya kerja WFA membutuhkan fleksibilitas untuk karyawan dan ditunjang dengan platform yang mendukung kinerja seperti Zoom.

"Jika ada yang telah menggunakan Zoom sejak era aplikasi Zoom Meetings, lalu pindah ke Zoom platform, maka akan sangat mudah untuk turut mengadopsi Zoom Phone, Zoom Contact Center, dan lain-lain," ucapnya.

Zoom menghadirkan fitur- fitur unggulan yaitu Zoom Rooms, Zoom Apps, Zoom Team Chat, Zoom Whiteboard, Zoom Translated Captions, dan Zoom Contact Center.

1. Zoom Rooms

Zoom Rooms menghadirkan kolaborasi video dengan kualitas HD ke ruangan mana pun, kantor, ruang kelas, maupun rumah. Ini memungkinkan peserta yang hadir secara langsung maupun jarak jauh untuk berinteraksi secara real-time.

Zoom Rooms meliputi Digital Signage, Virtual Kiosk, dan Workspace Reservation. Melalui mode Zoom Rooms Kiosk, anggota tim dapat berinteraksi secara langsung dengan resepsionis virtual. Resepsionis tersebut dapat berada di mana saja, seperti kantor, hotel, lobi, atau lokasi lain.

Organisasi-organisasi dapat menampilkan nama organisasi mereka pada tampilan Virtual Kiosk dan menyesuaikan pesan agar sesuai dengan lingkungan dan tujuan. Workspace Reservations memungkinkan anggota tim untuk mencari dan reservasi ruang kerja, dengan menampilkan ruang yang tersedia secara live dari peta digital.

Mereka dapat dengan mudah mereservasi open desk maupun ruang kerja yang dapat dipersonalisasi dengan perangkat Zoom.

Digital Signage memungkinkan organisasi untuk berbagi gambar, video, atau situs web di layar Zoom Rooms ketika ruangan tidak sedang digunakan untuk rapat Zoom.

2. Zoom Apps

Zoom Apps memungkinkan pengguna membawa aplikasi favorit mereka dalam Zoom Meetings dan Webinars agar rapat menjadi lebih efisien, menarik, dan menyenangkan. Pengguna dapat memperkaya pengalaman Zoom mereka dengan berbagai aplikasi, seperti aplikasi untuk manajemen proyek, pencatatan, papan tulis, berbagi file, dan masih banyak lagi.

Pengguna dapat mengintegrasikan Zoom Rooms dengan Zoom Phone, sehingga pengguna dapat melakukan dan menerima panggilan melalui Zoom Rooms. Integrasi ini memungkinkan pengguna untuk bekerja sesuai gayanya sendiri, kapan pun yang diinginkan, dan membantu pengguna memecahkan permasalahan bisnis yang unik.

3. Zoom Team Chat

Zoom Team Chat adalah pusat kolaborasi dan pertukaran pesan (messaging) antara anggota tim yang persisten dari Zoom. Selain pertukaran pesan secara instan, Team Chat memfasilitasi obrolan 1:1 (one on one) dan obrolan grup, serta kanal untuk mengintegrasikan alur kerja, menjaga proyek tetap sesuai rencana, dan menghubungkan para pemangku kepentingan.

Team Chat menyatukan fungsi perturakan pesan, berbagi file, integrasi dengan pihak ketiga, video, suara, dan papan tulis dalam satu tempat untuk menyederhanakan cara tim berkolaborasi.

4. Zoom Whiteboard

Zoom Whiteboard menyediakan seperangkat tools yang mudah digunakan bagi para pelanggan untuk berkolaborasi bersama dalam mengembangkan ide, proses, dan konsep.

5. Zoom translated captions

Zoom translated captions memungkinkan pengguna dapat mengubah pidato verbal dalam webinar atau percakapan dalam rapat menjadi teks dan menerjemahkan ke dalam bahasa lain secara otomatis dan real-time. Misalnya, jika seorang peserta rapat berbicara dalam bahasa Inggris, peserta lain dapat melihat teks dalam bahasa Indonesia.

6 Zoom Contact Center

Fitur ini adalah platform cloud contact center omnichannel pertama yang dioptimalkan untuk video dan secara khusus mendukung serangkaian channel yang kuat, seperti suara dan video, SMS, dan webchat.

Ini sebagai layanan yang dapat beroperasi sebagai solusi untuk meningkatkan kualitas pengalaman pelanggan yang berdiri sendiri atau diintegrasikan langsung ke dalam situs maupun aplikasi yang sudah ada.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1943 seconds (0.1#10.140)