Datang Mengubah Masyarakat, Begini Penjelasan Detail Teknologi 5G

Senin, 20 Juli 2020 - 11:59 WIB
loading...
A A A
Latensi rendah memungkinkan mengemudi tanpa pengemudi. Mari kita lihat kasus ini: mobil berjalan dengan kecepatan 60 km/jam; jarak pengereman darurat 50 ms adalah 1 m, 10 ms adalah 17 cm, dan 1 ms adalah 17 mm; keterlambatan jaringan 4G sekitar 50 ms; jarak pengereman sekitar 1 m dalam 50ms. Ini mungkin kesenjangan antara hidup dan mati. Jadi, keterlambatan jaringan 5G serendah 1 ms memungkinkan mengemudi secara otonom untuk memastikan berkendara yang aman di jalan.

Kontra 5G
Teknologi 5G terdengar bagus. Namun pada kenyataannya, masih ada banyak bidang, di mana vendor peralatan, perusahaan telekomunikasi, dan bahkan pemerintah perlu bekerja sama.

5G termasuk dalam pita frekuensi sub-6GHz dan gelombang frekuensi milimeter (mmWave). Teknologi 4G akan terus berkembang dan menjadi teknologi pelengkap di pita frekuensi di bawah 6GHz. Ini juga berarti bahwa industri telekomunikasi tidak akan sepenuhnya mengabaikan 4G karena pengembangan 5G. Sebaliknya, industri telah menyatakan bahwa mereka akan membangun kembali beberapa BTS 4G secara moderat dan memperkuat pergantian sinyal sistem.

Karena gelombang milimeter 5G frekuensi tinggi mudah terganggu, sejumlah besar stasiun pangkalan perlu dikerahkan untuk mencapai tingkat cakupan tertentu. Sebagai contoh, pemerintah Jepang berencana menginstal BTS 5G pada lampu lalu lintas dan lampu jalan, dengan harapan dapat meningkatkan kepadatan BTS. Ini juga berarti bahwa sel-sel kecil lebih penting dari sebelumnya.

Pengembangan 5G micro base station dengan 'MIMO masif' dan 'beamforming' telah mampu mengatasi kesulitan teknis dan mencapai tingkat tertentu.

Pro 5G
5G adalah teknologi Internet nirkabel. Fitur yang paling jelas adalah kecepatannya yang sangat cepat. Secara umum 20 kali dari 4G dan hingga 100 kali. Ini dapat mengirimkan sejumlah besar data dalam waktu yang sangat singkat, sangat mengurangi penundaan, dan perbedaannya cukup besar untuk membawa perubahan mendasar. .

Dalam aplikasi harian, 4G saat ini sebenarnya dibatasi oleh teknologi yang melekat, bandwidth terbatas, dan ada banyak pembatasan penggunaan. Misalnya, dalam konser besar atau pertemuan publik, ketika puluhan ribu orang sedang online pada saat yang sama, kecepatan internet akan menjadi sangat lambat. Bandwidth besar 5G dapat mengatasi masalah ini.

Orang modern memiliki persyaratan yang lebih tinggi dan lebih tinggi untuk kualitas audio dan video. Banyak program di Netflix dan platform streaming lainnya memiliki 4K pilihan kualitas gambar sangat tinggi. Namun karena kecepatan 4G yang tidak mencukupi, sangat sedikit orang yang akan menggunakan streaming data untuk menonton. 5G memecahkan masalah ini juga.
Datang Mengubah Masyarakat, Begini Penjelasan Detail Teknologi 5G

Ada juga game yang membutuhkan kecepatan dan latensi jaringan yang tinggi. Desain game elektronik saat ini semakin baik dan lebih baik, dan kapasitasnya semakin besar. Platform streaming game Google, Stadia mengiklankan bahwa tidak perlu membeli konsol game tambahan atau mengunduh dan menginstal game. 5G telah datang tepat waktu.

Mengapa Teknologi 5G Tidak Banyak Digunakan?
Meskipun kecepatan jangkauan jaringan 5G cepat, tapi jangkauan terus menerus tidak mencukupi. Cakupan jaringan 5G yang tidak mencukupi, bahkan jika bukan halangan bagi orang untuk menggunakan 5G, telah menjadi faktor yang tidak dapat diabaikan oleh siapa pun ketika pengguna meningkatkan ke 5G.

Setelah 5G memasuki era 1.0, dengan kematangan dipercepat teknologi 5G SA dan promosi strategi infrastruktur baru, operator pasti akan semakin meningkatkan investasi dalam pembangunan jaringan 5G dalam dua tahun ke depan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2306 seconds (0.1#10.140)