Datang Mengubah Masyarakat, Begini Penjelasan Detail Teknologi 5G

Senin, 20 Juli 2020 - 11:59 WIB
loading...
A A A
Sumber daya frekuensi tinggi juga memiliki panjang gelombang pendek. Dalam desain antena, jarak antara array antena dan mereka bisa sangat pendek, dan array antena dapat diintegrasikan dalam jangkauan kecil. Peningkatan jumlah elemen antena dapat membawa keuntungan tambahan.

Di bawah karakteristik ini, 5G menyediakan kecepatan unduh data puncak hingga 10Gbps. Kecepatan puncak 4G adalah sekitar 100Mbps, dan kecepatannya meningkat 100 kali lipat. Idealnya, pengguna dapat mengunduh video HD 1 GB dalam hitungan detik. Video 4K membutuhkan kecepatan unduh minimum 25Mbps. 4G tidak dapat memenuhi persyaratan ini.
Datang Mengubah Masyarakat, Begini Penjelasan Detail Teknologi 5G

Oleh karena itu, penyiaran video langsung 4K dimungkinkan dalam lingkungan 5G. Selain itu, permintaan bandwidth di VR/AR sangat besar. Dan 5G dimungkinkan untuk merealisasikan virtualisasi seperti VR.

Kapasitas Tinggi
Gelombang milimeter frekuensi tinggi dapat meningkatkan laju transmisi. Tetapi sinyal frekuensi tinggi sulit melewati dinding. Ketika jarak transmisi meningkat, laju transmisi akan turun lebih cepat daripada pita frekuensi rendah 4G.

Untuk memastikan laju transmisi yang efisien dan stabil, dibutuhkan lebih banyak stasiun pangkalan untuk transmisi sinyal yang stabil. Teknologi 5G memperkenalkan stasiun basis mikro dengan ukuran kecil dan konsumsi energi rendah.

BTS tersebut dapat dipasang dan digunakan di mana saja di kota dan dapat dipasang di lampu jalan, lampu sinyal, pusat perbelanjaan, rumah, dan lain-lain. Setiap stasiun pangkalan dapat menerima sinyal dari BTS lain dan mengirim data ke pengguna di lokasi mana pun. Penerimaan sinyal seragam; daya dukungnya besar; dan jaringan di mana-mana dibentuk untuk mengatasi kekurangan transmisi jarak jauh yang buruk pada pita frekuensi tinggi.

Ini juga memungkinkan Internet of Things. Di jaringan 5G, selain produk 3C umum seperti telepon pintar dan PC, lebih banyak perangkat terminal juga dapat dimasukkan ke dalam jaringan. Di antara mereka, kita dapat menyebutkan produk furnitur pintar yang dapat dikontrol melalui jaringan (soket pintar, pendingin udara pintar, lemari es pintar, dan perangkat pintar yang bisa dipakai). Di bidang Internet of Things, berbagai skenario aplikasi memiliki kebutuhan jaringan yang berbeda.

Beberapa perangkat terminal membutuhkan sejumlah besar data waktu-nyata untuk memproses umpan balik dengan cepat, sementara beberapa perangkat terminal hanya membutuhkan sejumlah kecil data atau beberapa bit transmisi data. Itu tidak memerlukan respons kecepatan transmisi tinggi, dan bahkan mungkin memperbarui sejumlah kecil data dalam satu atau dua bulan. Misalnya, informasi penggunaan menampilkan meter air dan meter listrik. Oleh karena itu, dalam jaringan 5G, perlu untuk dapat secara otomatis mengenali persyaratan jaringan terminal perangkat dan menggunakan bandwidth jaringan yang berbeda.

Ketika sejumlah kecil data ditransmisikan, identifikasi cerdas 5G menggunakan jaringan pita sempit yang mengkonsumsi lebih sedikit energi untuk mentransmisikan data. Dengan demikian, secara efektif mengurangi konsumsi dan penggunaan energi, dan memastikan kegunaan peralatan terminal konsumsi rendah untuk operasi jangka panjang.

Latensi Rendah
Dibandingkan 4G, 5G telah sangat dioptimalkan dan disesuaikan pada arsitektur teknis yang ada. Untuk mencapai latensi yang sangat rendah, 5G akan bekerja bersama dari semua aspek jaringan akses, jaringan pembawa, jaringan inti, dan jaringan backbone.

Sementara sangat mengurangi keterlambatan transmisi antarmuka udara, node penerusan dikurangi sebanyak mungkin dan jarak antara node diperpendek. Teknologi pengiris jaringan membagi jaringan fisik menjadi jaringan N logis untuk beradaptasi dengan berbagai skenario aplikasi.
Datang Mengubah Masyarakat, Begini Penjelasan Detail Teknologi 5G

Server aplikasi jaringan 4G terkonsentrasi di ruang komputer pusat, jauh dari terminal, dan perlu melewati beberapa node transmisi di tengah. 5G menggunakan teknologi komputasi terdepan untuk mengintegrasikan jaringan akses dan layanan Internet secara mendalam, menggunakan peralatan komputasi awan dengan fungsi komputasi, pemrosesan, dan penyimpanan di tepi jaringan akses, membangun cloud mobile yang nyaman, dan menyediakan lingkungan layanan teknologi informasi dan komputasi awan kemampuan. Ini dapat mengurangi waktu pengalihan dan pemrosesan selama transmisi data, dan mengurangi penundaan ujung ke ujung.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2996 seconds (0.1#10.140)