Hati-hati! Sejumlah Hacker Punya Cara Baru Mencuri Data

Kamis, 29 September 2022 - 07:58 WIB
"Menghilangkan langkah mengenkripsi data membuat proses lebih cepat dan menghilangkan risiko tidak mendapatkan pembayaran penuh, atau korban akan menemukan cara lain untuk mendekripsi data," kata para peneliti di Cyderes, dikutip dari ZDNET, Kamis (29/9/2022).

Selain itu, mengembangkan malware destruktif tidak sekompleks merancang ransomware jadul, oleh karena itu, menggunakan serangan perusakan data dapat menghabiskan lebih sedikit waktu dan tenaga.

"Membuat ransomware yang stabil dan kuat adalah proses pengembangan yang jauh lebih intensif daripada membuat malware yang dirancang untuk merusak file sebagai gantinya, menyewa server besar untuk menerima file yang dieksfiltrasi dan mengembalikannya setelah pembayaran," kata Daniel Mayer, peneliti ancaman di Stairwell.

"Selaku pemerasan kemungkinan akan terus bereksperimen dengan eksfiltrasi dan penghancuran data dengan prevalensi yang meningkat," tambah Mayer.

Serangan ransomware dan malware bisa sangat merusak, tetapi ada beberapa langkah yang dapat dilakukan organisasi untuk membantu membuat jaringan mereka lebih kuat dan melindungi dar i serangan.

Ini termasuk menerapkan patch keamanan dan pembaruan pada waktu yang tepat untuk menghentikan peretas dari mengeksploitasi kerentanan yang diketahui untuk meluncurkan serangan, bersama dengan memastikan bahwa otentikasi multi-faktor diluncurkan di seluruh jaringan untuk membantu melindungi pengguna.
(wbs)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More