Kasus Ponsel Meledak di Ciamis, Pengamat: Penyebab Kematian Perlu Diteliti

Minggu, 07 Agustus 2022 - 07:37 WIB
Baterai litium menurut Alfons sebenarnya tidak meledak. Tapi, lebih kepada terbakar. ”Meledak itu anggapannya seperti bahan peledak atau tabung gas yang meledak yang sangat menakutkan,” katanya.

Dalam kasus bocah Ciamis yang meninggal karena ponsel meledak ini, Alfons menyebut bahwa sebaiknya diteliti lebih jauh oleh pihak berwenang apa sebenarnya penyebab kematian anak.

Apakah benar ledakan baterai dan ada serpihan yang melukai arteri atau ada sebab lain dimana harusnya ketika mengalami luka bakar harusnya anak akan bereaksi dan tidak diam saja tidak bergerak.

Salah satu kemungkinan yang perlu diperhitungkan adalah charger ponsel yang bermasalah tersebut dimana ponsel tersebut dalam keadaan tercolok ke charger dan jika bocor atau korslet dapat mengirimkan arus listrik yang dapat melumpuhkan manusia sehingga tidak berdaya dan tetap diam meskipun dadanya terbakar.



”Sebagai informasi, penggunaan baterai litium ion dan litium polimer yang cukup luas patut mendapatkan perhatian selain baterai ponsel adalah baterai rokok elektrik dan baterai skuter listrik yang ukurannya jauh lebih besar dan berbahaya dari baterai ponsel,” ungkapnya.
(dan)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More